Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komisi III Harap Kepercayaan Publik Terhadap Polri Tak Menurun karena Ulah Oknum Anggota Polisi

institusi Polri sebagai lembaga penegak hukum yang mendapatkan simpati dan tingkat kepercayaan 80,2 persen oleh publik dari hasil survei Indikator

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Komisi III Harap Kepercayaan Publik Terhadap Polri Tak Menurun karena Ulah Oknum Anggota Polisi
Ist/Tribunnews.com
Anggota komisi I DPR Andi Rio Padjalangi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mengapresiasi institusi Polri sebagai lembaga penegak hukum yang mendapatkan simpati dan tingkat kepercayaan 80,2 persen oleh publik dari hasil survei Indikator Politik Indonesia dan menggeser Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Tentunya hal ini tidak lepas dari tangan dingin Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya yang ingin melakukan perubahan dalam meningkatkan kepercayaan dan pelayanan kepada publik, Saya yakin polri akan lebih baik kedepannya baik dari sisi penegakan hukum serta pelayanan kepada masyarakat," kata Andi Rio, kepada Tribun, Kamis (9/12/2021). 

Politikus Partai Golkar itu berharap, institusi Polri dapat terus mempertahankan tingkat kepercayaan publik kedepannya dengan selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat. 




Selain itu institusi Polri diminta tidak berpuas diri pada angka hasil survei tersebut. 

Namun, bagaimana Polri harus mendekati angka  kesempurnaan dan tidak menjadikankan hasil survei sebagai tolak ukur kepuasan semata publik namun harus direalisasikan dalam kinerja keseharian polri kepada masyarakat. 

Baca juga: Siap Dilantik Jadi ASN Polri, Novel Baswedan Bakal Kawal Tugas Bidang Pencegahan Korupsi

"Terus lakukan perbaikan dan pendekatan humanis serta langkah persuasif kepada publik baik dari sisi penegakan hukum dan pelayanan, Polri harus terus berusaha meningkatkan kepercayaan publik  sampai angka 95 persen, tidak mungkin 100 persen kan," ujarnya. 

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu berterima kasih kepada seluruh jajaran aparat polri yang mau melakukan perubahan dari waktu ke waktu. 

BERITA TERKAIT

Dia meminta anggota polri harus dapat menjaga sikap dan selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. 

"Jangan sampai tingkat kepercayaan publik kedepannya menurun karena ulah segelintir oknum kepolisian yang tidak disiplin dan dapat merusak citra institusi polri itu sendiri. Jajaran institusi polri harus satu suara mendengarkan perintah dan arahan Kapolri. Hasil survei ini bukti bahwa Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mempunyai niat baik dan konsen membawa Polri untuk menjadi lebih baik, yaitu Polri yang presisi dan dicintai publik," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas