Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Effendi Choirie Optimistis Gus Yahya Mampu Jalankan Amanah Muktamar Jadikan NU Pelopor Civil Society

Pemimpin NU periode mendatang juga harus membawa nilai-nilai Rahmatan Lil Al-Amin terhadap masyarakat dunia

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Effendi Choirie Optimistis Gus Yahya Mampu Jalankan Amanah Muktamar Jadikan NU Pelopor Civil Society
Rahmad Hidayat/Tribunnews.com
Effendi Choiri 

Laporan Reporter Tribunnews.com Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kader Nahdlatul Ulama (NU) Effendi Choirie turut memberikan ucapan selamat dan harapan atas terpilihnya KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026.

Pria yang karib disapa Gus Choi itu berharap, pimpinan baru PBNU saat ini mampu menjalankan seluruh amanah Muktamar NU yang digelar pada Jumat (24/12/2021) ini di Lampung.

"Kami ucapkan selamat kita berharap sukses, berharap bisa menjalankan seluruh amanah Muktamar," kata Gus Choi kepada Tribunnews.com.

"Kami berharap, Pertama, pengembangan ahlusunnah Wal jamaah NU harus terdepan karena itu faham yang moderat, yang toleran, yang humanis, yang pluralis, itu harus terus menerus dijaga harus terus menerus dikembangkan," sambungnya.

Adapun pada poin yang kedua, pria yang juga merupakan ketua DPP partai NasDem itu berharap, PBNU di bawah kepemimpinan Gus Yahya dapat mengedapankan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Gus Yahya Pimpin NU, Inilah Tiga Perkerjaan Rumah yang harus Diselesaikan

Tak hanya itu, NU juga harus menjadi pelopor untuk menjaga keutuhan hubungan kemanusiaan antar warga negara dan antar umat.

BERITA TERKAIT

"Sehingga NKRI tetap terjaga empat pilar berbangsa dan bernegara tetap terjaga intinya NU harus menjadi jangkar di situ," bebernya.

Tak hanya dalam lingkup nasional, kata Gus Choi, NU di periode mendatang juga harus membawa nilai-nilai Rahmatan Lil Al-Amin terhadap masyarakat dunia.

Termasuk di dalamnya juga, nilai-nilai kemanusiaan serta keagamaan, yang moderat sehingga menciptakan perdamaian untuk dunia antar bangsa sehingga dapat terbentuknya masyarakat madani atau civil society.

"Ketiga, dalam konteks pergaulan dunia, NU harus membawakan nilai-nilai Rahmatan Lil Al-Amin, nilai-nilai kemanusiaan keagamaan yang moderat perdamaian untuk dunia antar bangsa, NU harus menjadi kekuatan civil society yang menjadi pelopor dari semua itu," ucapnya.

Baca juga: Gus Yahya Diminta Jadikan NU Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Umat

Ihwal harapannya itu, Gus Choi mengaku yakin jika pimpinan baru PBNU yakni Gus Yahya sebagai Ketum dan KH. Miftahul Akhyar sebagai Rais Aam bisa menerapkan apa yang menjadi amanat dari Muktamar NU, sekaligus harapannya itu.

"Saya merasa optimis Gus Yahya bisa," tukasnya.

Diketahui, PBNU memiliki Ketua Umum baru. Adalah KH Yahya Cholil Staquf yang resmi terpilih menjadi ketua umum PBNU 2021-2026.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas