Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Kenalkan Seragam Baru Warna Krem untuk Satpam, Tanggal 31 Januari 2022

Kepolisian RI akan mulai memperkenalkan seragam baru Satpam baru pada hari ulang tahun (HUT) Ke-41 Satpam

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Polri Kenalkan Seragam Baru Warna Krem untuk Satpam, Tanggal 31 Januari 2022
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Polri dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) memamerkan seragam petugas satpam yang baru dalam acara Rapat Koordinasi Korbinmas Baharkam Polri - Abujapi bertema 'Kita Tingkatkan Sinergitas dan Solidaritas Korbinmas Baharkam Polri dan Abujapi' di Hotel Savoy Homman, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (15/10/2020). Seragam satpam baru berwarna cokelat mirip dengan seragam polisi itu adalah aturan yang termuat dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang sudah ditandatangani Kapolri Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020. Ada lima jenis pakaian dinas satpam, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian RI akan mulai memperkenalkan seragam baru Satpam baru pada hari ulang tahun (HUT) Ke-41 Satpam yang direncanakan pada 31 Januari 2022 mendatang.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41 dan pada saat Hari Ulang Tahun Satpam tersebut akan diperkenalkan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/1/2022). 

Ia menuturkan nantinya ada penyesuaian warna seragam satpam. Nantinya, warna satpam akan diganti dari warna cokelat mirip polisi menjadi warna krem.

Sementara itu, warna celana seragam satpam akan tetap berwarna cokelat tua. Menurutnya, perubahan tersebut dilakukan karena seragam satpam dinilai terlalu mirip dengan seragam Polri.

“Nah, ini yang akan dikaji adalah baju. Bajunya saja, baju itu rencananya akan diganti warnanya lebih muda dari baju anggota Polri ya,” imbuh Ramadhan. 

Ramadhan menuturkan rencana perubahan warna seragam Satpam merupakan aspirasi masyarakat. Sebaliknya, tidak ada hubungannya dengan perilaku satpam.

Baca juga: Perubahan Warna Seragam Satpam Tidak Berkaitan Dengan Perilaku, Tapi Aspirasi Masyarakat

BERITA REKOMENDASI

"Yang pertama tidak kaitan yang disampaikan dengan perilaku-perilaku satpam. Tetapi seperti yang saya sampaikan tadi untuk mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat dan agar masyarakat tidak bingung," pungkas Ramadhan.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian RI menyampaikan pihaknya tengah mengkaji terkait perubahan warna seragam satpam yang sebelumnya berwarna cokelat muda akan berubah warna menjadi krem.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan perubahan warna seragam satpam tersebut masih dalam proses pengkajian.

"Agar dijelaskan kepada yang bertanya bahwa masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Seragam Satpam Diganti Karena Mirip Polisi, Pengadaannya Diserahkan ke Perusahaan

Ramadhan menjelaskan alasan seragam satpam diajukan untuk diubah lantaran terlalu mirip dengan seragam milik Polri. Akibatnya, banyak masyarakat yang kebingungan.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," jelas Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan menuturkan satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Karena itu, perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas