Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puncak Harlah NU, Tahlilan di Hoofdbestuur dan Puisi Khusus tentang Syaichona

Pada Kamis rangkaian Harlah akan dimulai pada siang hari dengan membacakan tahlil dan doa di gedung Hoofdbestuur PCNU Bubutan Surabaya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Puncak Harlah NU, Tahlilan di Hoofdbestuur dan Puisi Khusus tentang Syaichona
Net
Logo Nahdlatul Ulama. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-99 (versi hijriah) atau ke-96 (versi masehi) di Surabaya dan Bangkalan, Jawa Timur.

Puncak Harlah digelar pada Rabu (16/2/2022) dan Kamis (17/2/2022) dengan tema "Merawat Jagat Membangun Peradaban."

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar, Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf, para kiai sepuh hingga para Ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) se-Indonesia dijadwalkan akan hadir.

"Puncak Harlah dimulai pada Rabu dengan ziarah ke makam muassis (pendiri) NU di Jombang, KH Hasyim Asyari, KH Bisri Syansuri, dan KH Wahab Hasbullah," kata Gus Ipul, Selasa (15/2/2022).

Usai ziarah, para kiai, kemudian pengurus PBNU dan PWNU se-Indonesia akan menggelar ramah tamah di Gedung Grahadi Surabaya.

Pada Kamis (17/2/2022), rangkaian Harlah akan dimulai pada siang hari dengan membacakan tahlil dan doa di gedung Hoofdbestuur PCNU Bubutan Surabaya.

Baca juga: PDIP Peringati Harlah Ke-96 NU, Gus Miftah akan Memandu Dialog Bersama Merawat Indonesia

Gedung ini merupakan cagar budaya dan memiliki nilai historis tinggi bagi kelahiran NU.

BERITA TERKAIT

Dalam bahasa Belanda Hoofdbestuur berarti Pengurus Besar atau Kantor Pusat.

Memang dahulu bangunan ini menjadi kantor pusat PBNU sebelum akhirnya berpindah ke Pasuruan dan Madiun, hingga akhirnya pindah ke Jakarta.

Di gedung ini pula KH Hasyim Asy'ari dan Ulama se-Jawa dan Madura merumuskan resolusi jihad untuk melawan penjajah pada 21 dan 22 Oktober 1945.

Setelah membaca tahlil di Hoofdbestuur PCNU Bubutan Surabaya, rombongan PBNU dan para pengurus PWNU se- Indonesia lantas menuju ke Bangkalan untuk ziarah ke makam Syaichona Kholil Bangkalan.

Pada malam harinya yakni mulai pukul 19.00 WIB puncak Harlah akan digelar di halaman Pondok Pesantren Syaichona Kholil Bangkalan.

"Akan ada penampilan KH Zawawi Imron yang akan membacakan puisi khusus tentang Syaichona dan akan dibaca di dalam musala bersejarah tempat dulu Hadratussyaikh berguru pada Syaichona," terang Gus Ipul.

Baca juga: Sejarah Nahdlatul Ulama yang Didirikan KH Hasyim Asyari, Kini Peringati Harlah ke-96

Musala bersejarah yang dimaksud Gus Ipul adalah sebuah bangunan musala kecil berukuran sekitar 5x5 meter yang terbuat dari kayu dan hingga saat ini masih terjaga keasliannya.

Musala ini berdiri tepat di tengah pesantren dan saat ini juga masih digunakan untuk mengaji dan beribadah para santri.

Puncak Harlah kali ini juga akan diisi sambutan langsung dari Ketua Umum PBNU, Rais Aam PBNU serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan berpidato secara virtual.

Puncak Harlah ini merupakan rangkaian setelah sebelumnya juga digelar Harlah di Balikpapan, serta di Labuhan Bajo, NTT.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas