Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden: Pemindahan Ibu Kota Negara Bukan Hanya Membangun Gedung dan Menggeser ASN

Jokowi mengatakan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, buka sekadar memindahkan ASN dan membangun gedung pemerintahan saja.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Presiden: Pemindahan Ibu Kota Negara Bukan Hanya Membangun Gedung dan Menggeser ASN
Setpres
Presiden Joko Widodo 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemindahan ibu kota negara ke Nusantara, Kalimantan Timur, buka sekadar memindahkan aparatur sipil negara dan bukan juga hanya membangun gedung-gedung pemerintahan. Melainkan merupakan  lompatan bagi bangsa indonesia untuk melakukan tranformasi bangsa menuju indonesia maju. 

Hal itu disampaikan Presiden di acara RRI Beranda Nusantara, yang disiarkan dalam kanal Youtube RRI Net Official, Rabu, (23/2/2022).




"Kita akan membangun Ibu Kota nusantara (IKN) yang benar benar menunjukan kebesaran bangsa indonesia, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern dan berkelanjutan serta memiliki standar internasional," kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan IKN akan menjadi representasi bangsa yang unggul sehingga menjadi contoh bagi perkembangan kota-kota lain di indonesia. Pembangunan IKN juga menunjukkan kepada warga dunia bagaimana indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan.

Baca juga: Menteri PUPR Ungkap 3 Klaster Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN

"IKN juga merespons komitmen indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim yang terlihat melalui pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100 persen energi baru dan terbarukan di tahun 2060," katanya.

Baca juga: Sejumlah Kementerian Diminta Presiden Bersiap Pindah ke IKN Nusantara

Jokowi yakin Ibu Kota Nusantara akan menjadi kota yang inklusif dan terbuka. Selain itu akan menjadi kota yang ramah bagi semua lapisan masyarakat untuk hidup berdampingan.

BERITA TERKAIT

"Hidup rukun, hidup bersama-sama dan memiliki peluang yang sama untuk ikut serta membangun dan mengembangkan IKN Nusantara ini," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas