Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buka Tawur Agung Kesanga, Wamenag Ajak Umat Hindu Amalkan Nilai Moderasi Beragama

Hari Suci Nyepi tahun ini mengusung tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Buka Tawur Agung Kesanga, Wamenag Ajak Umat Hindu Amalkan Nilai Moderasi Beragama
Ist
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi membuka acara Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi Saka 1944 pada Kamis, 3 Maret 2022 di Plataran Candi Prambanan, Jawa Tengah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi membuka acara Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi Saka 1944 pada Kamis, 3 Maret 2022 di Plataran Candi Prambanan, Jawa Tengah. 

Hari Suci Nyepi tahun ini mengusung tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh.

"Perayaan Hari Suci Nyepi harus menjadi momentum bagi umat Hindu untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Zainut melalui keterangan tertulis, Rabu (2/3/2022).

Zainut mengatakan Tat Twam Asi adalah inti moderasi beragama dan menjadi inspirasi untuk saling menghormati, saling rukun, dan saling menghargai. 

Pada momentum perayaan Hari Suci Nyepi ini, Zainut mengajak umat Hindu untuk mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama.

"Perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual saja, tapi kita jadikan Hari Suci Nyepi sebagai momentum merealisasikan maknanya untuk amal dalam beragama dan berbangsa" ucap Zainut. 

Baca juga: Sambut Nyepi, KMHDI Ajak Umat Hindu Refleksi Diri

Dirinya mengajak umat Hindu untuk memperingat Hari Raya Nyepi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

BERITA TERKAIT

"Mari kita peringati Hari Suci Nyepi ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kehikmatan perayaan Nyepi" pungkas Zainut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas