Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Kamis, 3 Maret 2022: 28 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

BMKG merilis peringatan dini untuk Kamis, 3 Maret 2022, terdapat 28 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Miftah
zoom-in Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Kamis, 3 Maret 2022: 28 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - BMKG merilis peringatan dini untuk Kamis, 3 Maret 2022, terdapat 28 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Kamis (3/3/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 28 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sedangkan, 3 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 3 Maret 2022: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di 28 Wilayah

Baca juga: Prakiraan Gelombang Tinggi BMKG Rabu 2 Maret 2022: Samudera Hindia Selatan Jawa Timur Capai 4-6 M

BMKG menginformasikan, terdapat Ex-Siklon Tropis ANIKA terpantau di perairan barat Australia yang bergerak masuk daratan dan kecepatan angin cenderung melemah.

Kemudian juga masih terpantau sistem 95S di perairan sebelah selatan Jawa Timur-NTB.

Kedua sistem ini dapat mempengaruhi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga >25 knot di sekitar wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, dan perairan sebelah selatan Jawa hingga NTB dan juga membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Jawa Tengah hingga NTB, di NTT.

BERITA REKOMENDASI

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar sistem siklon tropis, di sepanjang konvergensi dan di sepanjang low level jet tersebut.

Sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan Barat bag utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Semenanjung Malaysia hingga Riau, dari Sumatera Utara hingga Jambi, di Pesisir timur Jambi, dari Banten hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara, di Laut Maluku dan di Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Kamis (3/3/2022) besok:

- Aceh

- Sumatera Utara

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas