Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Rabu, 16 Maret 2022: Waspada 26 Wilayah Alami Hujan Lebat hingga Angin

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Rabu (16/3/2022) waspada 26 wilayah berikut alami hujan lebat hingga angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Peringatan Dini BMKG Rabu, 16 Maret 2022: Waspada 26 Wilayah Alami Hujan Lebat hingga Angin
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Rabu (16/3/2022) waspada 26 wilayah berikut alami hujan lebat hingga angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Rabu (16/3/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Siklon Tropis “BILLY” terpantau berada di Samudera Hindia selatan barat daya Baten dengan kecepatan angin maksimum 45 knot dan tekanan udara minimum 991 hPa.

Sistem ini bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Hindia barat daya Banten.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang low level jet tersebut.

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Cuaca Buruk Rabu, 16 Maret 2022: 26 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin

Baca juga: Gempa Berkekuatan M 5,1 Guncang Nias Selatan, Berikut Penjelasan BMKG

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Jawa sebelah selatan Kalimantan, di Papua Barat, dan di Laut Arafuru yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Riau hingga Kep. Riau, dari Jambi hingga Bangka Belitung, dari Lampung hingga Selat Karimata, di Jawa bagian barat, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi bagian tengah hingga Selat Makassar, di Papua Barat, dan di sekitar Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Rabu, 16 Maret 2022 hingga Kamis, 17 Maret 2022:

Rabu, 16 Maret 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

- Jambi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas