Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H Digelar 1 Mei 2022, Ini Link Streaming dan 99 Lokasi Rukyatul Hilal

Sidang isbat 1 Syawal 1443 H akan digelar pada Minggu, 1 Mei 2022, ini link live streaming dan 99 lokasi titik Rukyatul Hilal di berbagai daerah.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H Digelar 1 Mei 2022, Ini Link Streaming dan 99 Lokasi Rukyatul Hilal
Kemenag.go.id
Rapat Penetapan Sidang Isbat Tahun 2022 (dok) - Sidang isbat 1 Syawal 1443 H akan digelar pada Minggu 1 Mei 2022, ini link live streaming dan 99 lokasi titik Rukyatul Hilal di berbagai daerah di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan mengadakan sidang isbat 1 Syawal 1443 H pada Minggu, 1 Mei 2022 mendatang.

Sidang isbat 1 Syawal 1443 H akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag.

Nantinya, sidang isbat ini akan didahului Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, seperti diberitakan laman Kemenag.




Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan sidang isbat 1 Syawal digelar dengan pertimbangan informasi awal dari hasil perhitungan astronomis (hisab) serta hasil konfirmasi lapangan lewat mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

“Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama, Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat,” jelasnya, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Doa Sayyidul Istighfar dan Malam Lailatul Qadar, Simak Bacaan Doa Sehari-hari Lainnya

Kemudian, rukyatul hilal akan digelar di 99 titik di seluruh Indonesia dan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota.

Mengenai teknis Sidang Isbat 1 Syawal, Kemenag juga akan bekerja sama dengan Peradilan Agama dan ormas serta instansi lain.

BERITA TERKAIT

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan sidang isbat Awal Syawal 1443 H,” kata Kamarudin.

Terkait hasil dari sidang isbat, Kamarudin menyebut akan disiarkan secara langsung.

“Hasil sidang isbat akan disiarkan alngsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI. Penyampaian hasil sidang isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama,” tegasnya.

Baca juga: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga dalam Tulisan Arab, Latin serta Arti

Berikut link live streaming Sidang Isbat 1 Syawal 2022 (1443 H):

1. TVRI (TV pool)

LINK tvri.go.id

LINK Vidio TVRI

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas