Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arzeti Bilbina dan Komnas PA Ingatkan Bahaya BPA untuk Kesehatan Anak

Komnas PA telah berjuang keras agar BPOM sebagai pemegang regulator memberi label pada galon guna ulang dan kemasan yang mengandung BPA.

Penulis: Anita K Wardhani
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Arzeti Bilbina dan Komnas PA Ingatkan Bahaya BPA untuk Kesehatan Anak
Istimewa
Dialog Ilmiah Demi Anak Anak Indonesia Terbebas dari Kemasan BPA pekan lalu lalu di Auditorium Komnas Perlindungan Anak jalan TB Simatupang No 33 Pasar Rebo Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) tetap konsisten memperjuangkan hak-hak anak. Terutama hak hidup anak untuk bisa tumbuh kembang secara sehat.

Namun perjuangan untuk melindungi anak-anak kerap kali berbenturan dengan kepentingan lain.

Sikap serupa ditunjukkan Komnas PA dalam melindungi bayi, balita dan janin terbebas dari paparan Bisphenol A atau BPA.

Komnas PA telah berjuang keras agar BPOM sebagai pemegang regulator memberi label pada galon guna ulang dan kemasan yang mengandung BPA.

BPOM telah bersikap proaktif dan sangat mendengarkan masukan masyarakat.

Terbukti, BPOM telah merampungkan rancangan Perubahan Kedua atas Perka No 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan.

Namun, sayangnya rancangan Perubahan Kedua atas Perka No 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan itu belum juga ditandatangani.

BERITA TERKAIT

Hal ini dikatakan Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait dalam acara 'Dialog Ilmiah Demi Anak Anak Indonesia Terbebas dari Kemasan BPA pekan lalu lalu di Auditorium Komnas Perlindungan Anak jalan TB Simatupang No 33 Pasar Rebo Jakarta Timur.

Dialog ilmiah yang digelar dalam rangka memperingati hari Kartini tersebut juga mengundang para Kartini Milenial seperti, Wakil Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Umum Indonesia, dr Hartati B Bangsa, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Nia Umar dan Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB, Arzeti Bilbina.

Baca juga: Pelabelan BPA Pada Galon AMDK Diklaim Matikan Industri, Akademisi UI: Tidak Benar!

Saat diskusi, Arist Merdeka juga menegaskan bahwa perjuangan Komnas Perlindungan Anak tidak terkait dengan persaingan usaha AMDK seperti yang dituduhkan oleh pihak yang hanya berpikir ekonomi tanpa memperhatikan kesehatan anak.

"Dalam rangka hari Kartini, kita mau mengampanyekan agar ibu-ibu punya pengetahuan tentang bahaya BPA. Karena cukup berbahaya kalau tidak, kita lebih bagaimana menyelamatkan anak," tandas Arist Merdeka.

Keyakinan Arist tentang bahaya BPA yang terdapat pada galon guna ulang polycarbonat makin diperkuat dari presentasi secara virtual oleh Wakil Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Umum Indonesia dr Hartati B Bangsa.

Menurut dr Hartati B Bangsa, cemaran senyawa BPA tidak hanya berbahaya bagi bayi dan balita. Juga berbahaya bagi orang dewasa yang sudah memiliki sistem imun.

Bayi paling rentan terkena dampak paparan BPA sebab sistem saraf dan endokrin belum berkembang dengan sempurna.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas