Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aliran Dana Ratusan Juta yang Diterima Siwi Widi Didapat Dari Anak Wawan Ridwan, Eks Pegawai Pajak

Wawan Ridwan disebut mengalirkan uang korupsinya ke sejumlah orang. Tercatat ada nama mantan pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Aliran Dana Ratusan Juta yang Diterima Siwi Widi Didapat Dari Anak Wawan Ridwan, Eks Pegawai Pajak
Mario Christian Sumampow
Siwi Widi usai hadiri sidang kasus suap sebagai saksi di Gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta (10/5/2022) 

Laporan Wartawan Tribumnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siwi Widi Purwanti jadi saksi dalam kasus suap rekayasa nilai pajak sejumlah perusahaan besar yang diduga dilakukan mantan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bantaeng, Sulawesi Selatan, Wawan Ridwan di Gedung Kejaksaan Tipikor, Jakarta, Selasa (15/5/2022). 

Wawan Ridwan disebut mengalirkan uang korupsinya ke sejumlah orang. Tercatat ada nama mantan pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti.

Kepada hakim Siwi Sidi menjelaskan bagaimana uang tersebut dapat mengalir ke rekeningnya. 

Bermula dari perkenalan melalui Whatsaap Antara Siwi dan Muhammad Farsya Kautsar, anak dari Wawan Ridwan.

Dari kesaksian Widi, ia dan Farsya sempat berhubungan dekat. Selama masa pendekatan itu Farsya sering mengirim uang dengan jumlah yang tidak kecil.

Total uang yang diterima Siwi menurut penyidik KPK mencapai angka 647,85 juta.

BERITA TERKAIT

Menurut rekening koran yang diperiksa penyidik tercatat ada 21 kali proses transaksi ke rekening Siwi.

Uang yang masuk itu ia gunakan untuk keperluan pribadi jalan ke luar negeri, memberi barang-barang mewah, hingga perawatan kecantikan di Korea.

Farsha memperkenalkan dirinya kepada Widi sebagai seorang pengusaha berumur 28 tahun. Sedangkan Farsha masih duduk di bangku kuliah kala itu. 

Baca juga: Jaksa KPK Hadirkan Eks Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi di Sidang Suap Pajak

Widi bahkan tak tahu persis apa profesi sebenarnya dan latar belakang keluarga ayah Farsha.

"Farsha bercerita ayahnya anggota DPR. Saya tidak tahu. Tahunya setelah ada panggilan penyidikan," ujarnya kepada hakim ketua, Fahzal Hendri.

Selama masa proses pendekatan Farsha sering mengikuti Widi ke beberapa daera saat masih bertugas menjadi pramugari Garuda Indonesia. 

Selama proses pendekatan ini juga dana terus mengalir ke dalam rekening Widi. Ujarnya ini merupakan salah satu upaya Farsha dalam proses pendekatan untuk menjadikannya sebagai kekasih.

"Sebenarnya farsha suka tanya kegiatan saya. Misal saya mau pergi ke klinik, lalu Farsha bertanya harganya berapa, dia mencoba membayarkan, mencoba dermawan pada saya," lanjut Widi.

Widi dan Farsha dekat selamat kurang lebih empat bulan. Selama kurun waktu April 2019 sampai juli 2019 itu pula terjadi proses transaksi sebanyak 21 kali.

Widi mengaku tak curiga dengan uang yang ia terima. Mengingat Farsha memperkenalkan dirinya sebagai seorang pebisnis.

"Karena Farsha selalu bercerita tentang kehidupannya yang menurut saya biasa untuk mengeluarkan sejumlah uang itu. Jadi saya tidak ada keraguan atau kecurigaan," jelas Widi.

Sekira bulan Desember atau November di tahun 2021, menurut keterangan Siwi di dalam sidang. Uang yang ia terima ia kembalikan ke KPK secara cash setelah dilakukan pemanggilan oleh KPK.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas