Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siwi Widi Akui Terima Rp 647,85 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi Pajak, Duitnya Dipakai ke Korea

Uang haram itu kemudian dipakai Siwi Widi untuk memenuhi keperluan pribadi seperti belanja tas, jalan-jalan ke luar negeri dan perawatan kecantikan

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Siwi Widi Akui Terima Rp 647,85 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi Pajak, Duitnya Dipakai ke Korea
Mario Christian Sumampow
Siwi Widi usai hadiri sidang kasus suap sebagai saksi di Gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta (10/5/2022) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan pramugari maskapai Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti, mengakui pernah menerima uang sebesar Rp 647,85 juta dari Muhammad Farsha Kautsar yang merupakan anak dari mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Wawan Ridwan.

Uang haram tersebut kemudian dipakai Siwi Widi untuk memenuhi keperluan pribadi seperti belanja tas, jalan-jalan ke luar negeri dan perawatan kecantikan di Korea.

Belakangan uang yang diberikan Farsha kepada Siwi itu menjadi persoalan karena diduga menjadi bagian dari pencucian uang Wawan yang merupakan mantan supervisor tim pemeriksa pajak pada Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan di DJP.

Nama Siwi kemudian masuk dalam dakwaan Wawan hingga menjadi saksi di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dalam kesaksiannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Siwi mengaku tak mengenal sosok Wawan.

Ia menyebut namanya ikut terseret dalam perkara Wawan justru bermula dari perkenalannya dengan Muhammad Farsha Kautsar yang tak lain putra dari Wawan.

Baca juga: Diduga Terima Rp 647,85 Juta dari Anak Eks Pejabat DJP, Siwi Widi Sempat Diikuti saat ke Aceh

Siwi menyebut Farsha mencoba mendekatinya sebagai teman pria. Salah satunya dengan membiayai sejumlah kebutuhan hidupnya, termasuk mengirimkan uang.

BERITA TERKAIT

"Waktu itu saya jadi teman dekatnya Farsha. Dia mengaku sudah berusia 28 tahun sebagai pengusaha, bukan mahasiswa. Dia mencoba mendekati saya dan ada obrolan di mana dia mencoba mencari perhatian saya dengan membayarkan sesuatu untuk saya," ujar Siwi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Aliran Dana Ratusan Juta yang Diterima Siwi Widi Didapat Dari Anak Wawan Ridwan, Eks Pegawai Pajak

Siwi menceritakan perkenalan pertamanya dengan Farsha bermula ketika Farsha mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp pada April 2019.

Namun selama 4 bulan sejak perkenalan, Siwi mengaku tidak mengetahui orang tua dari Farsha. Menurut Siwi, Farsha saat awal pertemuan mengaku anak anggota DPR. Lalu, dia juga mengaku sebagai pengusaha.

Baca juga: Eks Pramugari Siwi Widi Sudah Serahkan Uang Panas Mantan Pegawai Pajak Rp 647,85 Juta ke KPK

"Dia mencoba WhatsApp saya, dia bilang dari temannya tahu kontak saya lalu berlanjut ke Instagram di mana saat itu saya masih dinas jadi pramugari dinas di Yogyakarta. Di Yogya bertemu pertama kali dengan Farsha," ucap Siwi.

"Dia tidak pernah bercerita lebih lanjut katanya ada masalah dengan orang tuanya," sambungnya.

Farsha, kata Siwi, berusaha mendekatinya dengan ikut penerbangan ketika Siwi bertugas. "Sebenarnya, waktu itu Farsha meminta saya jadi pasangannya. Tapi waktu itu saya belum paham Farsha, jadi saya agak takut," ungkap Siwi.

Singkat cerita, hubungan keduanya semakin dekat. Hingga akhirnya Farsha beberapa kali mengirim uang kepada Siwi yang bila ditotalkan mencapai angka Rp 647,85 juta. Uang itu dikirim lewat 21 kali transfer. Siwi mengaku nominal yang ditransfer tidak selalu sama.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas