Tribun

Virus Corona

Saleh Daulay Berharap Aturan Lepas Masker Tingkatkan Produktivitas dan Dongkrak Ekonomi Nasional

DPR RI mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai membolehkan masyarakat melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan. 

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Saleh Daulay Berharap Aturan Lepas Masker Tingkatkan Produktivitas dan Dongkrak Ekonomi Nasional
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Anggota Komisi IX DPRI RI Saleh Partaonan Daulay. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai membolehkan masyarakat melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan

Anggota Komisi IX DPRI RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan kebijakan yang ditetapkan pemerintah dapat mengurangi kejenuhan masyarakat.

“Karena sudah lebih dari dua tahun kita mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah untuk memakai masker di ruang tertutup dan di ruang publik,” kata Saleh Daulay kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Dia berharap pelonggaran salah satu protokol kesehatan (prokes) ini dapat memicu produktivitas masyarakat, sehingga dapat mendongkrak kegiatan perekonomian.

“Tentu ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan terutama ya dalam rangka membantu kita semua untuk pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Kendati demikian, dia memberi catatan berkaitan dengan pelonggaran aturan memakai masker. Pertama, kata dia, masyarakatdiminta tetap mengikuti protokol kesehatan secara umum seperti mencuci tangan.

Sebab menurut dia, mencuci tangan tetap harus dilakukan, mengingat, tangan merupakan satu anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan berbagai benda di lingkungan sehari-hari.

“Dan ini sangat rentan untuk mencemari dan juga menyebarkan virus ke tubuh kita,” katanya.

Saleh menjelaskan, poin kedua adalah masyarakat diharapkan terap menghindari kerumuman, terlebih dalam konteks yang tidak memiliki urgensi.

Dia bilang, kerumunan dan keramaian itu sangat potensial adanya penyebaran virus. 

Kemudian yang ketiga, Saleh juga meminta masyarakat tetap konsisten mengonsumsi makanan bergizi. Menurut dia, sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

“Karna kalau dengan makanan yang sehat bergizi itu ya imunitasnya akan baik, akan tinggi,” ujarnya.

Baca juga: Anggota Komisi IX DPR: Kebijakan Lepas Masker Bukti Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Indonesia

Sebagaimana diketahui, Pemerintah terus melonggarkan protokol kesehatan seiring dengan terus membaiknya kondisi Pandemi Covid 19 di Indonesia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas