Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko PMK: Tanamkan Nilai-nilai Keagamaan Sejak Dini

Muhadjir Effendy mengatakan bahwa sekolah berbasis keagamaan memiliki peran yang strategis dalam membentuk karakter anak-anak sejak usia dini.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menko PMK: Tanamkan Nilai-nilai Keagamaan Sejak Dini
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Menko PMK Muhadjir Effendy 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)  Muhadjir Effendy mengatakan bahwa sekolah berbasis keagamaan memiliki peran yang strategis dalam membentuk karakter anak-anak sejak usia dini.

Menurut Muhadjir, penanaman nilai-nilai sangat penting dilakukan sejak dini.

"Sebagai umat beragama, sudah sewajibnya bagi kita untuk menanamkan nilai-nilai agama melalui pendidikan karakter bagi anak-anak sejak usia dini agar anak-anak tampil percaya diri sebagai generasi muda yang tangguh," ujar Muhadjir melalui keterangan, Senin (30/5/2022).

Meskipun perkembangan sekolah Hindu belum sebanyak sekolah-sekolah lain pada umumnya namun, Muhadjir menilai keberadaan sekolah Hindu sangat bermanfaat bagi terbentuknya generasi muda Hindu yang mengamalkan Sradha dan Bhakti.

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Anak dan Disabilitas Terdampak Pandemi

Muhadjir mengatakan pemerintah juga terus mengupayakan perkembangan sekolah-sekolah Hindu dengan memberikan bantuan berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP), rehabilitasi dan pembangunan pasraman, bantuan operasional program afirmasi pendidikan agama Hindu, serta bantuan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi.

Muhadjir mengatakan perlunya kolaborasi antara pengurus sekolah, suku dinas keagamaan, serta pemerintah daerah terkait, untuk membentuk rancangan pengembangan sekolah berbasis keagamaan Hindu sehingga dapat meningkatkan peran agama Hindu dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berdaya saing.

BERITA TERKAIT

"Rancangan pengembangan sekolah berbasis keagamaan Hindu perlu dibentuk  dengan melibatkan seluruh pihak sehingga nantinya agama Hindu dapat berperan dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berdaya saing," ucap Menko Muhadjir.

Ia juga berharap sekolah Widya Pasraman  RSI Markandya dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan inovasi sehingga mereka cerdas secara intelektual dan spiritual.

"Kita semua berharap semoga Widya Pasraman Rsi Markandya dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi, kreativitas dan inovasi, serta membentuk karakter siswa, sehingga mereka pun cerdas secara intelektual dan spiritual," pungkas Muhadjir. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas