Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bukan Tiket Masuk, Tapi Tiket Naik ke Atas Candi Borobudur yang Dinaikkan Jadi Rp750 Ribu per Orang

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria memberikan penjelasan terkait berubahnya harga tiket Candi Borobudur.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Bukan Tiket Masuk, Tapi Tiket Naik ke Atas Candi Borobudur yang Dinaikkan Jadi Rp750 Ribu per Orang
Indonesia.travel
Candi Borobudur. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria memberikan penjelasannya terkait rencana pemerintah yang ingin menaikkan tiket Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu per orang.

Dony mengatakan harga tiket yang dinaikkan menjadi Rp750 ribu per orang bukanlah harga tiket masuk, tapi harga tiket untuk naik ke atas Candi Borobudur.

Untuk tiket masuk Candi Borobudur, Dony menyebut harganya tidak berubah.

"Jangan keliru dengan tiket masuk Borobudur, ya. Tiket masuk tetap, tetapi tiket naik ke candi yang dirubah dalam rangka membatasi," kata Dony dilansir Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Libur panjang banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, salah satunya mendatangi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). TWC Borobudur tetap buka selama libur panjang dengan membatasi jumlah pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Libur panjang banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, salah satunya mendatangi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). TWC Borobudur tetap buka selama libur panjang dengan membatasi jumlah pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Baca juga: Harga Tiket Masuk Kawasan Borobudur Tidak Naik, Rp 750 Ribu Adalah Tiket Naik Candi

Dilansir laman resmi borobudurpark.com, harga tiket masuk ke Candi Borobudur adalah Rp 50 ribu untuk orang dewasa dan Rp 25 ribu untuk anak-anak.

Sementara itu untuk wisatawan mancanegara dikenai harga sebesar Rp 350 ribu untuk orang dewasa dan Rp 210 ribu untuk anak-anak.

Lebih lanjut Dony menuturkan, wacana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur ini diambil berdasarkan masukan dan pertimbangan para ahli, khususnya Dirjen Kebudayaan Kemendikbud.

BERITA TERKAIT

Faktor konservasi untuk menjaga keberlangsungan candi juga menjadi fokus utama dalam menetapkan jumlah kunjungan yang bisa menaiki Candi.

Agar nantinya kunjungan wisatawan tidak berdampak pada kerusakan peninggalan bersejarah tersebut.

Baca juga: Tarif Tiket Masuk Borobudur Bakal Naik, Warga Lokal Bayar Rp 750 Ribu, DPR Kritik Keras

Luhut Tetapkan Tarif Baru Candi Borobudur: Wisatawan Lokal Rp750 Ribu, Turis Asing 100 Dolar

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan harga tiket naik Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Lewat postingan di akun instagram pribadinya, Luhut menyebut akan menerapkan harga tiket naik sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal, dan 100 dollar AS (sekitar Rp1,4 juta) untuk turis mancanegara yang hendak pelesir ke kawasan Candi Borobudur.

Luhut mengatakan kebijakan itu ia buat semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara.

Maka, kata dia, selain menerapkan tarif yang lebih mahal, pengunjung Candi Borobudur juga akan dibatasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima sejumlah pimpinan Bank Dunia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/2/2022). Pimpinan Bank Dunia tersebut adalah Axel Van Trotsenburg selaku Managing Director of Operations, Manuela V Ferro selaku Vice President East Asia and Pasific Region, serta Satu Kahkonen selaku Country Director Indonesia. Turut mendampingi selain Luhut yakni Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima sejumlah pimpinan Bank Dunia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/2/2022). Pimpinan Bank Dunia tersebut adalah Axel Van Trotsenburg selaku Managing Director of Operations, Manuela V Ferro selaku Vice President East Asia and Pasific Region, serta Satu Kahkonen selaku Country Director Indonesia. Turut mendampingi selain Luhut yakni Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr (Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Baca juga: Alasan Tarif Masuk Candi Borobudur Naik Signifikan jadi Rp750.000

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas