Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Telah Perintahkan Kemenlu dan Kedubes RI di Swiss Bantu Pemulangan Jenazah Eril

Presiden telah memerintahkan kementerian luar negeri dan kepada kedutaan besar Indonesia di Swiss untuk membantu pemulangan jenazah Putra Ridwan Kamil

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Presiden Telah Perintahkan Kemenlu dan Kedubes RI di Swiss Bantu Pemulangan Jenazah Eril
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berdukacita dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan kementerian luar negeri dan kepada kedutaan besar Indonesia di Swiss untuk membantu pemulangan jenazah Putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia,” kata Jokowi di Persemaian Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat, (10/6/2022).

Presiden mengatakan sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil beberapa hari lalu untuk menyampaikan dukacita atas meninggalnya Eril. Bersyukur, jenazah Eril akhirnya ditemukan setelah dilakukan pencarian beberapa hari.

Baca juga: Ridwan Kamil Ungkap Rasa Syukur Bisa Mandikan dan Kumandangkan Adzan di Telinga Eril

“Sudah 2 hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam tapi alhamudillah sudah ditemukan,” pungkasnya.

Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, mengkonfirmasi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah ditemukan.

Kabar ini disampaikan Duta Besar RI untuk Swiss, Prof. Muliaman Hadad dan Perwakilan Keluarga Emmeril Kahn Mumtadz, Elpi Nazmuzzaman pada konferensi pers secara virtual pada Kamis (9/6/2022).

BERITA REKOMENDASI

Informasi awal ditemukan jasad yang diduga Eril dikabarkan Kepolisian Swiss pada jam 06.50 pagi waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB. Jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde.

“Kemarin, kepolisian Bern telah bertemu kami dan keluarga untuk menyampaikan informasi awal ditemukannya jasad yang diduga Ananda Eril pada sekitar 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11.50 WIB,” kata Muliaman Hadad.

Baca juga: Ridwan Kamil Ucap Terima Kasih Pada Seluruh Pihak, Termasuk KBRI Swiss hingga Kepolisian Bern

Dubes RI mengatakan, sesuai prosedur yang berlaku tim forensik kepolisian Bern segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut benar Eril.

Pada Kamis siang (9/6/2022) waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah benar Eril.

Selanjutnya sesuai dengan hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas