Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komnas Perempuan: Hentikan Semua Spekulasi Terkait Kasus Penembakan di Rumah Ferdy Sambo

Komnas Perempuan meminta semua pihak agar tak berspekulasi terhadap kasus baku tembak sesama anggota Polri di kediaman Kadiv Propam Ferdy Sambo.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Komnas Perempuan: Hentikan Semua Spekulasi Terkait Kasus Penembakan di Rumah Ferdy Sambo
Tribunnews.com/Fandi Permana
Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani menghadiri undangan Unit PPA Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya dalam penyelidikan kasus dugaan pelecehan yang dialami istri Kadiv Propam, Rabu (13/7/2022) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengimbau semua pihak agar menghentikan spekulasi peristiwa dalam kasus penembakan Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo.

"Semua pihak agar menghentikan publikasi yang berisikan spekulasi peristiwa. Sebaiknya menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian maupun Komnas HAM terkait dengan insiden penembakan itu," kata Andy, Jumat (15/7/2022).

Diketahui, insiden itu menewaskan Brigadir J selaku sopir istri Ferdy Sambo.




Brigadir J tewas terkena tembakan Bharada E yang merupakan ajudan Ferdy Sambo.

Karena itu, Komnas Perempuan meminta semua pihak agar menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan Kepolisian dan Komnas hak asasi manusia (HAM).

Baca juga: Mahfud MD Bicara Kejanggalan Kasus Baku Tembak di Rumah Irjen Ferdy Sambo, Jeda Waktu Jadi Sorotan

"Mengimbau semua pihak menghentikan publikasi yang berisikan spekulasi peristiwa, melainkan menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian maupun Komnas HAM terkait insiden penembakan," demikian keterangan resmi Komnas Perempuan yang diterima, Sabtu (16/7/2022).

Komnas Perempuan mendukung semua pihak yang berupaya untuk memastikan perlindungan terhadap istri Ferdy Sambo yang diduga sebagai korban kekerasan seksual.

BERITA TERKAIT

"Mengapresiasi dan mendukung semua pihak yang berupaya untuk memastikan perlindungan dan pemulihan bagi pelapor/korban yang melaporkan tindak kekerasan seksual yang dialaminya, termasuk pada P dalam kasus ini," bunyi keterangan itu.

Selain itu, Mereka juga meminta agar semua pihak memperhatikan kerentanan berbasis gender yang dihadapi korban kekerasan seksual dalam mempublikasi kasus tersebut.

"Mengingatkan semua pihak agar publikasi seputar insiden penembakan untuk memperhatikan kerentanan berbasis gender yang dihadapi perempuan dan untuk memastikan pemenuhan hak-hak perempuan pelapor/korban kekerasan seksual, khususnya dalam aspek perlindungan dan pemulihan," tulis Komnas Perempuan.

Komnas Perempuan juga memberikan asistensi kepada Kepolisian dan Komnas HAM agar proses penyelidikan memperhatikan kerentanan khas dan dampak peristiwa berbasis gender bagi perempuan berhadapan dengan hukum, sebagai saksi juga korban.

Baca juga: Ahli Forensik Tanggapi Soal Jari Putus pada Jasad Brigadir J: Proyektil Peluru Bisa Patahkan Tulang

Indikasi Kekerasan Seksual

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengungkapkan istri Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Ferdy Sambo yang berinisial P teridentifikasi mengalami kekerasan seksual.

Identifikasi tersebut didapatkan setelah tim Komnas Perempuan telah mendengarkan keterangan dari pihak penyidik dan psikolog terkait pelaporan P tentang kekerasan seksual yang dialaminya atas undangan Polda Metro Jaya pada Rabu (13/7/2022) lalu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas