Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAD Jenderal Dudung: Mahasiswa Harus Jadi Agen Perubahan Jaga Keutuhan dan Kedaulatan Bangsa

Mahasiswa memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perkembangan teknologi informasi.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KSAD Jenderal Dudung: Mahasiswa Harus Jadi Agen Perubahan Jaga Keutuhan dan Kedaulatan Bangsa
Istimewa
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberikan pembekalan Pluralisme dan Ketahanan Nasional kepada 2.350 mahasiswa KKN Kebangsaan Se-Indonesia di Stadion Mini Universitas Palangkaraya (UPR) Kalimantan Tengah, Minggu. (17/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan peran strategis mahasiswa dalam menjaga Ketahanan Nasional.

Hal itu disampaikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberikan pembekalan Pluralisme dan Ketahanan Nasional kepada 2.350 mahasiswa KKN Kebangsaan Se-Indonesia di Stadion Mini Universitas Palangkaraya (UPR) Kalimantan Tengah, Minggu. (17/7/2022).

"Mahasiswa memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah pesatnya perkembangan informasi dan teknologi yang menjadikan dunia seolah tanpa batas," kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selain sebagai agen perubahan, Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, mahasiswa juga berperan penting sebagai pengontrol sosial dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa di tengah pluralisme masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, Dudung menegaskan, Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung tinggi plurarisme terkait suku bangsa, agama dan keragaman lainnya, seperti yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila. 

"Mahasiswa sebagai salah satu garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI harus memiliki jiwa rela berkorban dan pantang menyerah dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia," tegasnya

Sejarah bangsa Indonesia membuktikan bahwa mahasiswa memiliki peran penting kontrol sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BERITA REKOMENDASI

Dimana, pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia lahir dari para mahasiswa yang memiliki visi kebangsaan dan misi untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta  keberagaman dalam bingkai NKRI.

Sementara, Rektor Universitas Palangkaraya Dr. Andrie Elia,  menyampaikan, materi pembekalan 'Pluralisme dan Ketahanan Nasional' yang disampaikan oleh KSAD sangat bagus.

Baca juga: KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Resmikan Gereja Oikumene El Shaddai di Markas Yonif R 631/Antang

Tentu, hal itu sebagai dasar dan pedoman bagi Mahasiswa KKN Se-Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkokoh keutuhan NKRI.

Dalam pembekalan yang bertema "Pluralisme dan Ketahanan Nasional", KSAD menyampaikan pentingnya peran mahasiswa sebagai generasi penerus dan calon pemimpin bangsa dimasa depan untuk menjaga keutuhan NKRI dalam kebhinekaan bangsa Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas