Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Komunikasi Politik Beberkan Sederet Benefit Jika Partai Politik Deklarasi Capres Lebih Awal

Pengamat komunikasi politik ungkap sederet manfaat jika para partai politik (parpol) mendeklarasikan calon presiden (capres) lebih awal.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengamat Komunikasi Politik Beberkan Sederet Benefit Jika Partai Politik Deklarasi Capres Lebih Awal
Kolase Tribunnews.com/Berbagai Sumber
Foto-foto kandidat calon presiden di Pilpres 2024. (Kiri atas) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto. (Kiri bawah) Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimartu Yudhoyono (AHY), Puan Maharani. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengungkap sederet manfaat jika para partai politik (parpol) mendeklarasikan calon presiden (capres) lebih awal.

Menurut Jamiluddin, keuntungan dari sisi capres ialah memiliki cukup banyak waktu untuk memperkenalkan diri, visi, misi dan programnya kepada masyarakat.

Sehingga, sambung dia, capres itu punya peluang besar untuk menyerap aspirasi dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

“Sang calon juga dapat menggali berbagai persoalan dan harapan dari berbagai lapisan masyarakat,” kata Jamiluddin, Jumat (5/8/2022).

“Dari sini sang Capres dapat mempertajam programnya hingga mendekati kebutuhan masyarakat,” lanjut dia.

Sementara dari sisi masyarakat, Jamiluddin menilai publik dapat mengenal lebih jauh sosok sang capres tersebut, termasuk visi, misi dan program yang direncanakan.

BERITA TERKAIT

Pemahaman terhadap sang capres akan menjadi dasar bagi publik untuk menilai kelayakan sang capres.

Selain itu, masyarakat juga akan dapat menilai kelayakan program capres. Kalau programnya tidak sesuai dengan kebutuhannya, maka capres tersebut akan diabaikan.

“Dari sini masyarakat akan memilih sang capres bukan seperti membeli kucing dalam karung,” katanya.

Alasan Parpol Deklarasi Capres di ‘Menit Akhir’

Lebih lanjut, eks Dekan FIKOM IISIP Jakarta ini menyebutkan bahwa hal itu dapat terjadi jika pemilih rasional lebih dominan di Indonesia.

Pemilih rasional, sambung dia, akan mencari tahu secara mendalam terkait sang calon, visi, misi dan program capres tersebut.

Baca juga: Deklarasi Capres Lebih Awal Dinilai Beri Waktu Rakyat untuk Menilai dan Memilih Calonnya

Nantinya informasi itu akan dijadikannya dasar untuk memilih calon presiden.

“Sayangnya pemilih di Indonesia masih banyak yang emosional dan pragmatis. Pemilih kelompok ini tidak mau tahu mengenai informasi sosok, visi, misi, dan program sang capres,” kata Jamiluddin.

“Kiranya itu menjadi sebab deklarasi Capres di Indonesia mendekati batas akhir pendaftaran. Capres cukup bermodalkan pencitraan dan masyarakat akan berduyun-duyun memilihnya,” tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas