Tribun

HUT Kemerdekaan RI

Peringatan HUT ke-77 RI, Veteran Kemerdekaan Beri Pesan: NKRI Ada Digenggaman Pemuda

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Jakarta Barat, Kolonel (purn) Sutjipto menyampaikan pesan bahwa NKRI kini berada dalam genggaman pemuda.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Peringatan HUT ke-77 RI, Veteran Kemerdekaan Beri Pesan: NKRI Ada Digenggaman Pemuda
Tribunnews.com/Istimewa
Ketua DPP KNPI Haris Pertama dalam kunjungan ke veteran perang kemerdekaan RI, Djamin (93). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam memperingati hari bersejarah kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang jatuh pada Rabu, 17 Agustus 2022, Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merayakannya bersama veteran pembela tanah air.

DPP KNPI melakukan kunjungan door to door atau dari rumah ke rumah veteran dalam perayaan kemerdekaan RI tahun ini.

Diantaranya kunjungan kediaman Ridwan Azis, veteran perdamaian dunia Konga VIII; Djamin, veteran perang kemerdekaan; dan Sutjipto, veteran Seroja, di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Banyak makna yang didapat dari kisah heroisme para veteran, mereka ini punya keberanian, ikhlas, tulus dan baginya kepentingan bangsa dan negara hal yang harus diutamakan dibanding urusan golongan maupun pribadi,” kata Ketua DPP KNPI Haris Pertama kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Selain kunjungan, dalam kesempatan itu juga turut diberikan tali asih kepada para veteran sebagai apresiasi jasa perjuangan mereka.

Baca juga: Maknai Kemerdekaan Buah Perjuangan, Wali Kota Tangerang Selatan Beri Perhatian Pada Veteran

"Pada hari ke 2 kegiatan door to door kunjungan ke rumah veteran kami dapat berjumpa dan berikan tali asih sebagai apresiasi atas jasa perjuangan veteran,” ucapnya.

Adapun Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Jakarta Barat, Kolonel (purn) Sutjipto menyampaikan pesan bahwa NKRI kini berada dalam genggaman para pemuda.

Ia berharap perjuangan para veteran terdahulu bisa menjadi pengingat untuk memajukan Indonesia.

"Sadarlah hari depan NKRI dalam genggamanmu, janganlah kau buat ibu pertiwi bersusah hati, sebab 77 tahun lalu para pejuang kakek nenekmu ini telah bertaruh nyawa untuk Indonesia merdeka,” kata Sutjipto.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas