Tribun

KemenPPPA: Kesetaraan Gender Beri Manfaat Ekonomi Nasional

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memperkuat pemberdayaan perempuan di berbagai sektor demi capai kesetaraan gender di ekonomi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KemenPPPA: Kesetaraan Gender Beri Manfaat Ekonomi Nasional
BANGKA POS/RESHA JUHARI
Seorang perempuan paruh baya berjalan untuk pergi memancing di tepian Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Sabtu (20/4/2013). Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kartini sebagai wujud penghormatan kepada Raden Ajeng (RA) Kartini tokoh perjuangan kaum perempuan dan kesetaraan gender serta emansipasi wanita. KemenPPPA mengatakan Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memperkuat pemberdayaan perempuan di berbagai sektor bertujuan untuk mencapai kesetaraan gender di bidang ekonomi. (BANGKA POS/RESHA JUHARI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Deputi Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat KemenPPPA Indra Gunawan mengatakan Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memperkuat pemberdayaan perempuan di berbagai sektor.

Pemberdayaan perempuan tersebut, kata Indra, bertujuan untuk mencapai kesetaraan gender di bidang ekonomi.

"Upaya kolaboratif dan sinergi menjadi kekuatan pemerintah Indonesia untuk mencapai target bahwa perempuan Indonesia harus berdaya dan mandiri," ujar Indra melalui keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Ketimpangan Gender Makin Melebar di Dunia, Lebih Banyak Perempuan yang Kelaparan Dibanding Pria

Menurut Indra, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi.

Pemerintah, menurut Indra, perlu menggandeng pihak swasta untuk bersama-sama memfasilitasi perempuan dan anak perempuan di Indonesia agar lebih mandiri termasuk mandiri finansial.

"Beberapa perusahaan swasta telah berhasil mengembangkan kebijakan untuk memastikan adanya partisipasi perempuan dan pengambilan keputusan," tutur Indra.

Kerja bersama aktif dilakukan pemerintah dengan pihak di luar pemerintah untuk pemberdayaan perempuan.

Baca juga: Resolusi Hari Kesetaraan Perempuan di Amerika Serikat, Diperingati Setiap 26 Agustus

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan, pemberdayaan ekonomi perempuan harus menjadi bagian dari strategi nasional dan global untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Menurut Bintang, perempuan yang mengisi setengah populasi Indonesia adalah pendorong pemulihan ekonomi dan stabilitas keuangan jangka panjang.

"Ketika perempuan diberdayakan secara ekonomi, mereka cenderung lebih bersedia menginvestasikan pendapatan untuk nutrisi, kesehatan, dan pendidikan anak-anak mereka, serta mempromosikan pembangunan berkelanjutan untuk generasi mendatang," ujar Bintang melalui keterangan tertulis, Rabu (24/8/2022).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas