Tribun

Pertemuan Deputi Lingkungan dan Iklim Dihadiri 211 Delegasi G20, Mengusung Tiga Prioritas

Sekira 211 delegasi dari negara-negara anggota G20, negara undangan dan Organisasi Internasional akan hadir secara luring maupun daring.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pertemuan Deputi Lingkungan dan Iklim Dihadiri 211 Delegasi G20, Mengusung Tiga Prioritas
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Pertemuan ke-3 Deputi Lingkungan dan Kelompok Kerja Keberlanjutan Iklim atau Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (3rd G20 EDM-CSWG) akan berlangsung di Bali pada tanggal 29 – 30 Agustus 2022 dengan mengusung 3 prioritas. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Pertemuan ke-3 Deputi Lingkungan dan Kelompok Kerja Keberlanjutan Iklim atau Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (3rd G20 EDM-CSWG) akan berlangsung di Bali pada tanggal 29 – 30 Agustus 2022 dengan mengusung 3 prioritas.

Pertemuan ini diketuai oleh Laksmi Dhewanthi (Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim) dan Sigit Reliantoro (Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan) sebagai wakil ketua.

Dalam pernyataannya, Laksmi menyatakan pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pengendalian perubahan iklim global.

Adapun isu prioritas yang diangkat yakni, pertama terkait dukungan pemulihan yang berkelanjutan (supporting more sustainable recovery).

Baca juga: Menteri LHK Siti Nurbaya Sambut Baik Kepedulian Generasi Muda Atasi Perubahan Iklim 

Isu kedua, terkait peningkatan aksi berbasis daratan dan lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing land-and sea-based actions to support environment protection and climate objectives).

Adapun yang ketiga, terkait peningkatan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing resource mobilization to support environment protection and climate objectives).

Sekira 211 delegasi dari negara-negara anggota G20, negara undangan dan Organisasi Internasional akan hadir secara luring maupun daring untuk membahas lingkungan hidup dan iklim.

Pertemuan EDM-CSWG yang ke-3 melanjutkan rangkaian beberapa pertemuan-pertemuan sebelumnya yang secara intensif membahas ketiga isu prioritas dimaksud untuk menghasilkan sebuah dokumen keluaran bersama negara anggota G20.

Dalam prosesnya, pembahasan komitmen tersebut cukup menghadapi tantangan mengingat adanya berbagai pandangan dan implikasinya kepada kepentingan masing-masing negara anggota.

Pertemuan ketiga ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah dokumen keluaran yang memuat pandangan dan komitmen untuk terus meningkatkan upaya-upaya implementasi pengelolaan lingkungan hidup dan pengendalian perubahan iklim oleh negara anggota G20 yang akan memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan dan target lingkungan global.

Pertemuan tingkat kelompok kerja akan dilanjutkan dengan pertemuan tingkat menteri lingkungan hidup dan iklim atau The Joint Environment and Climate Ministers’ Meeting (JECMM) pada tanggal 31 Agustus 2022.

JECMM diketuai oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas