Tribun

Polisi Tembak Polisi

Kenakan Baju Tahanan, Tangan Ferdy Sambo Diikat Kabel Ties Jalani Adegan Pembunuhan

Lima orang tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J menjalani adegan

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kenakan Baju Tahanan, Tangan Ferdy Sambo Diikat Kabel Ties Jalani Adegan Pembunuhan
WARTA KOTA/YULIANTO
Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo atau Irjen FS menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Rekonstruksi ini menghadirkan lima tersangka yang telah ditetapkan yaitu Irjen Ferdy Sambo atau Irjen FS, Putri Candrawathi atau PC, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf atau KM. Rekonstruksi tersebut memeragakan 78 adegan dengan rincian 16 adegan adalah peristiwa yang terjadi di Magelang pada tanggal 4,7, dan 8 Juli 2022, 35 adegan di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling, dan 27 adegan di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri itu. WARTA KOTA/YULIANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lima orang tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J menjalani adegan rekonstruksi. Ada total 78 adegan dalam rekonstruksi yang dilakukan Selasa(30/8) tersebut.

Kegiatan reka ulang atau rekonstruksi meliputi peristiwa di Magelang, Jawa Tengah, rumah Saguling dan rumah Duren Tiga, Jakarta Selatan. Rincian adegan rekonstruksi yang dilakukan di antaranya:

1. Adegan di rumah Magelang sebanyak 16 adegan(peristiwa tanggal 4, 7 dan 8 Juli 2022).
2. Adegan di rumah Saguling sebanyak 35 adegan(peristiwa tanggal 8 Juli dan seusai pembunuhan Brigadir J).
3. Adegan di rumah Duren Tiga sebanyak 27 adegan(peristiwa pembunuhan Brigadir J).

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan rekonstruksi adegan yang di Magelang yakni sebanyak 16 adegan dipindahkan ke Jakarta.

"Iya hari ini juga, informasi dari penyidik hari ini juga. Cuman yang di Magelang gunakan lokasi yang lain ya," kata Dedi.

Baca juga: Makna di Balik Senyum Tipis Ferdy Sambo dan Putri yang Tak Mau Tatap Sang Suami Saat Rekonstruksi

Adegan di Magelang diketahui dipindahkan ke rumah pribadi Ferdy Sambo yang beralamatkan di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Kita sudah siapkan lokasinya," jelasnya.

Senyum Tipis

Sebanyak empat kendaraan taktis (rantis) dan belasan personel Brimob bersenjata lengkap tampak bersiaga di rumah pribadi tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kendaraan taktis dan para personel Brimob yang mengantar para tersangka pembunuhan berencana Brigadir J tampak datang berangsur. Diketahui Sambo dan istri tiba sekira pukul 09.30 WIB dengan kawalan ketat.

Sambo datang dengan mengenakan baju tahanan berwarna oranye dengan tangan terikat kabel ties. Ia terlihat tersenyum tipis saat tiba di lokasi rekonstruksi.

Sementara itu Putri Candrawathi datang dengan mengenakan busana serba putih hingga sepatunya juga. Menyusul Sambo dan istri tiga tersangka lainnya yakni Bharada E, Bripka RR, dan KM tiba dengan kawalan rantis Brimob sekira pukul 10.07 WIB.

Tampak ketiga tersangka mengenakan baju tahanan oranye dengan kawalan personel Brimob.

Tampak juga petugas LPSK yang mendampingi Bharada E mengingat statusnya yang telah menjadi justice collaborator.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas