Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei KedaiKOPI Sebut Elektabilitas Capres Perempuan Meningkat, Puan Maharani Tertinggi

Lembaga Survei KedaiKOPI temukan ada 6 calon presiden perempuan yang disebutkan oleh pemilih dalam pertanyaan terbuka tentang elektabilitas.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Survei KedaiKOPI Sebut Elektabilitas Capres Perempuan Meningkat, Puan Maharani Tertinggi
KompasTV
Ketua DPR Puan Maharani. Survei KedaiKOPI Sebut Elektabilitas Capres Perempuan Meningkat, Puan Maharani Tertinggi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei KedaiKOPI memaparkan hasil riset terkait calon presiden dari kalangan wanita.

Hasilnya, ditemukan ada 6 calon presiden perempuan yang disebutkan oleh pemilih dalam pertanyaan terbuka tentang elektabilitas.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk ‘Elektabilitas Capres dalam Bingkai Survei, Sabtu (3/9/2022).




Keenam nama tersebut di antaranya Puan Maharani dengan 9,6 persen, Megawati Soekarnoputri 0,7 persen, Susi Pudjiastuti 0,6 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,6 persen, Tri Rismaharini 0,5 persen dan Sri Mulyani 0,2 persen.

“Jadi paling tidak ada enam nama pwrempuan yang muncul dari responden itu sendiri. ini pertamyaan terbuka,” kata Kunto Adi Wibowo.

“Dan di sini, kelihatan efek atau rembesan dari persetujuan presiden perempuan tadi,” ujarnya menambahkan.

Ia melanjutkan, alasan para responde memilih presiden perempuan lantaran dianggap berani, tegas hingga cerdas. Sementara 11,6 persen responden memilih perempuan karena memiliki gender serupa.

BERITA TERKAIT

Selain simulasi terbuka, Kunto mengatakan suvei juga menyajikan pertanyaan tertutup 19 tokoh, nama-nama capres perempuan.

Hasilnya capres perempuan memiliki tren penguatan dengan Puan Maharani mendapatkan keterpilihan sebesar 11,3 persen, Susi Pudjiastuti 1,6 persen, Tri Rismaharini 1,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,3 persen dan Sri Mulyani Indrawati 0,6 persen.

"Peluang perempuan di pilpres 2024 semakin terbuka lebar dengan konsistensi angka keterpilihan capres perempuan di dalam simulasi sepuluh nama sampai dengan empat nama," kata Kunto. 

Sementara itu, ia mengatakan figur perempuan dalam calon wakil presiden pun punya elektabilitas yang cukup tinggi pula.

Baca juga: Puan Unggul Sebagai Capres Perempuan, Demokrat: Surprise! Biasanya Surveinya Masih 1 Persen

Hal itu terlihat dari Puan Maharani yang mendapat 6,4 persen, Tri Rismaharini 2,2 persen, Sri Mulyani 1,2 persen, dan Susi Pudjiastuti 1,1 persen.

“Salah satu temuan penting dalam survei ini adalah 53,8 persen pemilih mengatakan bahwa pilihan presiden mereka akan berubah,” ujarnya.

Kunto merinci, dari mereka yang pilihannya akan berubah, 43,2 persen mengatakan akan mengubah pilihannya setelah penetapan capres dan cawapres.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas