Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Usut Kasus Dugaan Korupsi Impor Garam, Kejagung Bakal Kembali Periksa Pejabat Kemenko Perekonomian

Kejaksaan Agung sedang melakukan penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Usut Kasus Dugaan Korupsi Impor Garam, Kejagung Bakal Kembali Periksa Pejabat Kemenko Perekonomian
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gedung Bundar Kejaksaan Agung. Kejaksaan Agung saat ini sedang melakukan penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejaksaan Agung sedang melakukan penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri tahun 2016 sampai 2022.

Terakhir, Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Musdhalifah Machmud (MM) diperiksa penyidik kejaksaan.




Ia diperiksa terkait dugaan kasus korupsi impor garam.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi mengatakan saat ini tim penyidik masih terus mendalami dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam.

Kata dia, penyidik sudah mengerucut menemukan indikasi adanya dugaan perbuatan korupsi.

“Impor garam saat ini tim masih mendalami. Semakin jelas perbuatannya dan kita sedang mengembangkan. Karena ini titiknya banyak, jadi kita harus hati-hati,” kata Kuntadi di Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan pada Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Kejagung Periksa Anak Buah Airlangga Hartarto di Dugaan Kasus Korupsi Impor Garam

BERITA TERKAIT

Menurutnya, penyidik juga sudah menggeledah di sejumlah tempat yang diduga ada kaitannya dengan perkara yang sedang diusut Kejaksaan.

Musdhalifah Machmud diketahui diperiksa pada Selasa, 20 September 202 lalu.

Dengan demikian, penyidik akan sering memanggil Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI tersebut untuk diambil keterangan terkait kasus ini.

“Ada beberapa kasus, itu yang menyebabkan mungkin dia sering terlihat mondar mandir,” jelas dia.

Baca juga: Anak Jamintel Kejagung, Korban Kecelakaan Beruntun Tol Pejagan Dimakamkan di TPU Pondok Rangon 

Lebih lanjut, Kuntadi menjelaskan bahwa penyidik membutuhkan informasi dari Musdhalifah seputar regulasi atau kebijakan yang terbit sudah tepat atau belum. Namun, penyidik belum masuk sampai keterlibatan Musdhalifah dalam merumuskan regulasi itu.

“Kita belum sejauh itu (Musdhalifah ikut merumuskan kebijakan). Kita butuh informasi dia sebagai pihak yang taulah tentang regulasi. Kita kan liat apakah kebijakan itu sudah tepat dan bener. Ini kan menyangkut kebetulan case yang membutuhkan informasi yang bersangkutan,” ujarnya.

Di sisi lain, Kuntadi menambahkan penyidik juga masih proses melakukan pendalaman apakah kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas impor garam ini kategori merugikan perekonomian negara atau keuangan negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas