Tribun

Soal Rencana Komandan Korps Marinir Dijabat Jenderal Bintang Tiga, KSAL: Masih dalam Proses

KSAL mengatakan saat ini prosesnya tinggal menunggu harmonisasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Soal Rencana Komandan Korps Marinir Dijabat Jenderal Bintang Tiga, KSAL: Masih dalam Proses
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi marinir Indonesia. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan proses validasi organisasi untuk jabatan Komandan Korps Marinir (Dankormar) dijabat Perwira Tinggi bintang tiga masih dalam proses. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan proses validasi organisasi untuk jabatan Komandan Korps Marinir (Dankormar) dijabat Perwira Tinggi bintang tiga masih dalam proses.

Ia mengatakan saat ini prosesnya tinggal menunggu harmonisasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

"Tinggal harmonisasi dengan PAN RB, Kementerian PAN RB. Jadi untuk validasi organisasi yang baru, termasuk Marinir nantinya bintang tiga, kemudian Kodamar juga masuk dalam situ. Makanya sabar dulu," kata Yudo di Mako Koarmada I Jakarta Pusat pada Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Soal Anggaran Tahun 2023, KSAL: Kalau Tidak Ada Perubahan Kita Tinggal Melaksanakan Saja

Diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Mabes TNI sudah mengajukan usulan validasi organisasi Komandan Korps Marinir (Dankormar) untuk dijabat Perwira Tinggi (Pati) berpangkat bintang tiga atau Letnan Jenderal.

Yudo mengatakan baru-baru ini ia juga telah menanyakan kepada Menteri Sekretaris Negara perihal tersebut.

Hal tersebut disampaikan Yudo usai mendampingi Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan nama kapal (shipnaming) kepresidenan KRI Bung Karno-369 di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Senin (20/6/2022).

Baca juga: KSAL Sebut Progres Pemindahan Markas Sejumlah Satuan TNI AL Rampung Akhir Tahun Ini

"Masih berproses, kemarin sudah saya tanyakan ke Menteri Sekretaris Negara. Karena dari Mabes TNI sudah dikirim ke Mensesneg. Nanti dari Mensesneg mungkin stafnya, akan kita cek. Kemarin sudah saya tanyakan akan dicek dulu," kata Yudo.

Yudo mengatakan jika usulan tersebut disetujui pihaknya juga akan meninjau ulang jabatan Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) untuk dijabat oleh Pati berpangkat bintang 2 atau Mayor Jenderal.

Sejumlah hal yang akan ditinjau ulang, kata Yudo, di antaranya kelaikan, anggaran, serta sarana dan prasarana.

Saat ini diketahui jabatan Danpasmar dijabat oleh Pati TNI AL bintang 1 atau Brigadir Jenderal.

"Saya rasa dengan organisasi yang sekarang nanti kalau Dankormarnya naik bintang tiga ya Danpasmarnya otomatis akan kita tinjau ulang. Karena dengan kekuatan dan kemampuannya dan sarana dan prasarana yang sudah ada laik nggak dinaikan ke bintang dua," kata Yudo.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas