Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaksa: Agus Nurpatria Hubungi Ari Cahya Nugraha untuk Pastikan Perintah Brigjen Hendra soal CCTV

Sidang perdana terdakwa Agus Nurpatria terkait perkara obstruction of justice Kasus Brigadir J digelar di PN Jaksel pada Rabu (19/10/2022) ini.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Jaksa: Agus Nurpatria Hubungi Ari Cahya Nugraha untuk Pastikan Perintah Brigjen Hendra soal CCTV
Kompas TV
Agus Nurpatria ketika menjalani sidang perdana perkara obstruction of justice kematian Brigadir J yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Sidang perdana terdakwa Agus Nurpatria berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu (19/10/2022)

Saat ini, Agus Nurpatria menjalani sidang obstruction of justice atau menghalangi menyidikan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Berdasarkan tayangan dalam program Breaking News Kompas TV, terdakwa Agus Nurpatria menjalani sidang setelah terdakwa lain diadili, yakni Brigjen Hendra Kurniawan.




Saat berita ini ditulis, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih membacakan dakwaan terhadap Agus Nurpatria.

Dalam dakwaan, Agus Nurpatria sempat diminta Brigjen Hendra Kurniawan untuk menelepon Ari Cahya Nugraha alias Acay.

Baca juga: Profil Kombes Agus Nurpatria, Terdakwa Obstruction of Justice Kasus Brigadir J yang Diadili Hari Ini

Ari Cahya Nugraha alias Acay merupakan tim CCTV pada kasus KM 50.

"Pada hari Sabtu, 9 Juli 2022, pukul 07.30 WIB, saksi Hendra Kurniawan, S.IK ditelepon oleh saksi Ferdy Sambo SH,S.IK.M.H dan mengatakan "Bro, untuk pemeriksaan saksi-saksi oleh Penyidik Selatan di tempat Bro aja ya, Biar tidak gaduh karena ini menyangkut Mbak masalah pelecehan dan tolong cek CCTV komplek", lalu sekira pukul 08.00 WIB saksi Hendra Kurniawan, S.IK, menghubungi saksi Ari Cahya Nugraha, SH. S.IK.M.Si, alias Acay yang merupakan tim CCTV pada saat kasus KM 50 namun tidak terhubung," isi dakwaan yang dibacakan oleh JPU, Rabu siang.

BERITA TERKAIT

Kemudian, Brigjen Hendra Kurniawan menghubungi Agus Nurpatria melalui WhatsApp Call dan memintanya agar ke ruangan.

Setibanya Agus di ruangan Hendra, ia langsung diminta untuk menghubungi Acay.

"Pada saat TERDAKWA AGUS NURPATRIA ADI PURNAMA, S.IK tiba di ruangan tersebut, saksi Hendra Kurniawan untuk menghubungi saksi Ari Cahya Nugraha dengan kalimat "coba Gus hubungi AKBP Ari Cahya..! namun, tidak terhubung juga."

"Tidak berapa lama kemudian, saksi Ari Cahya Nugraha alias Acay menghubungi TERDAKWA AGUS NURPATRIA ADI PURNAMA S.IK dan mau bicara dengan saksi Hendra Kurniawan S.IK. lalu TERDAKWA AGUS NURPATRIA ADI PURNAMA, S.IK menyerahkan handphone kepada saksi Hendra Kurniawan S.IK sambil mengatakan kepada saksi Ari Cahya Nugraha alias Acay, "nih ada di sebelah saya"," lanjut isi dakwaan.

Kemudian, Brigjen Hendra berbicara dengan Acay terkait permintaan Ferdy Sambo untuk cek CCTV di komplek rumahnya, wilayah Duren Tiga, Jaksel.

"Kemudian saksi Hendra Kurniawan S.IK berbicara dengan saksi Ari Cahya Nugraha alias Acay dan mengatakan "Cay permintaan Bang Sambo, untuk CCTV udah di cek blom..? kalo blom, mumpung sidang coba kamu screening..!", akan tetapi Ari Cahya Nugraha alias Acat menjelaskan dia sedang berada di Bali dan menyampaikan biar anggotanya, maksudnya saksi Irfan Widyanto melakukan pengecekan CCTV," isi dakwaan.

Agus Nurpatria ketika menjalani sidang perdana perkara obstruction of justice kematian Brigadir J yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).
Agus Nurpatria ketika menjalani sidang perdana perkara obstruction of justice kematian Brigadir J yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022). (Kompas TV)

Mendengar penjelasan Acay, Brigjen Hendra pun memintanya untuk berkoordinasi dengan Agus Nurpatria.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas