Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Unilever Indonesia Pastikan Produk Sampo Kering Dove hingga TRESemme di Indonesia Aman Digunakan

Unilever Amerika Serikat dan Kanada tarik sampo kering Dove hingga TRESemme karena dugaan ada peningkatan kadar benzena yang dapat memicu kanker.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Unilever Indonesia Pastikan Produk Sampo Kering Dove hingga TRESemme di Indonesia Aman Digunakan
hip2save
Dove Dry Shampoo, satu dari sejumlah produk shampoo produksi Unilever yang ditarik dari pasar Amerika Serikat karena dugaan kandungan Benzena, bahan kimia yang memicu kanker. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk angkat bicara menyoal penarikan sukarela sampo kering Dove hingga TRESemme di Amerika Serikat, karena dugaan ada peningkatan kadar benzena yang dapat memicu kanker.

Head of Communication PT Unilever Indonesia Tbk., Kristy Nelwan menyatakan, produk sampo di Indonesia aman untuk masyarakat.

"Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan sampo kering ini dan tidak ada produk maupun pasar Unilever lainnya yang terkena dampak dari penarikan ini," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/10/2022).

Baca juga: Picu Kanker, Dry Shampoo Dove hingga TRESemme Ditarik di AS, BPOM: Produk Tak Terdaftar di Indonesia

Sebelumnya diketahui, Unilever Amerika Serikat dan Kanada secara sukarela menarik kode lot produksi spesifik dari sampo kering yang diproduksi sebelum Oktober 2021 sebagai upaya kehati-hatian setelah penyelidikan internal mengidentifikasi adanya peningkatan kadar benzena.

 Evaluasi dampak kesehatan yang dilakukan secara independen menyimpulkan bahwa kadar benzena yang terdeteksi tidak menimbulkan risiko kesehatan. 

Ia menyebut bahwa Unilever tidak menggunakan benzena sebagai bahan dan menerapkan standar keamanan yang tinggi secara global.

BERITA TERKAIT

"Kami mematuhi semua peraturan setempat dan memiliki standar kualitas dan keamanan ketat yang membatasi jumlah jejak benzena yang dapat terjadi karena keberadaan alaminya dalam bahan baku tertentu," ujarnya. 

Adapun daftar lengkap produk yang terkena dampak dapat dilihat di sini: www.UnileverRecall.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas