Tribun

Presidensi G20

Pengamanan KTT G20 di Bali, TNI AL Kerahkan 3.000 Personel, Libatkan 12 Kapal Perang RI

TNI Angkatan Laut mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di kawasan Nusa Dua, Bali.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pengamanan KTT G20 di Bali, TNI AL Kerahkan 3.000 Personel, Libatkan 12 Kapal Perang RI
Tribunnews.com/Mario Christian Sumapow
TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di kawasan Nusa Dua, Bali pada 15 hingga 16 November 2022 mendatang. Foto Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di kawasan Kantor Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), Senin (31/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di kawasan Nusa Dua, Bali pada 15 hingga 16 November 2022 mendatang.

Tidak hanya 3.000 personel, TNI AL juga akan melibatkan 12 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Baca juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Sinyal akan Hadiri KTT G20 di Bali Bulan Depan

Fokus pengamanan akan dilakukan di perairan sekitar kawasan pelaksanaan G20, tepatnya di kawasan selatan.

"Kita libatkan 12 KRI dengan personel kurang lebih 3.000 personel, baik marinir maupun pengawak marinir tersebut, maupun Lanal yang terkait. Seperti Lantamal V, Lanal Banyuwangi, maupun Lanal Benoa, termasuk pesawat udara," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di kawasan Kantor Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), Senin (31/10/2022).

Rencananya besok Kasal Yudo ingin melihat tactical floor game Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II di Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Jawa Timur, dalam menjalankan sistem pengamanan G20 ini dengan unsur gabungan.

"Dari Armada I, II, III sehingga dengan marinir juga di sana, sehingga saya juga harus memastikan berapa jumlah yang diproyeksikan," jelas Kasal Yudo.

Yudo juga mengarahkan semua MRI Kombatan yang memiliki helideck untuk juga membawa heli serta pasukan khusus dan juga Kopaska.

Sehingga semua pengamanan dapat dilakukan terpadu.

Baca juga: Kakorlantas Polri Cek Kendaraan untuk Pengamanan KTT G20 di Bali

"Sehingga betul-betul KRI yang disiapkan merupakan KRI yang siap tempur dan ini dalam rangka mengamankan pemimpin-pemimpin negara," ucapnya.

KTT G20 adalah pertemuan puncak yang dihadiri oleh seluruh Kepala Pemerintahan/Negara anggota G20.

Berdasarkan informasi pada situs Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), G20 adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia.

G20 terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Acara KTT G20 tahun 2022 akan dilaksanakan pada 15-16 November 2022 di Bali, Indonesia.

Tema KTT G20 tahun 2022 adalah "Recover Together, Recover Stronger".

Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia bahu-membahu dan saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas