Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hingga Pukul 12.00 WIB, BMKG Catat Ada 130 Gempa Susulan di Cianjur Tapi Frekuensinya Semakin Turun

Kekuatan gempa susulan tersebut yang terbesar yakni 4,2 magnitudo dan terkecil 1,2 magnitudo.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Hingga Pukul 12.00 WIB, BMKG Catat Ada 130 Gempa Susulan di Cianjur Tapi Frekuensinya Semakin Turun
Dokumentasi PMI
Personil Palang Merah Indonesia (PMI) gabungan dari berbagai wilayah melakukan penyisiran ke beberapa lokasi terdampak parah akibat gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa hingga pukul 12.00 WIB hari ini, terjadi sebanyak 130 gempa susulan di Cianjur.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, kekuatan gempa susulan tersebut yang terbesar yakni 4,2 magnitudo dan terkecil 1,2 magnitudo.

"Jadi, 1,2 (magnitudo) mampu kita analisis adalah prestasi gemilang BMKG di dalam memonitor gempa, karena saking banyaknya alat yang kita pasang. Kita bisa memberi informasi sedetail-detailnya terkait dengan aktivitas gempa yang terjadi," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: BMKG: Info Gempa di Cianjur Sampai ke Masyarakat Dalam Waktu 1.30 Menit, Ini Prestasi 

Lebih lanjut, melihat tren kekuatan gempa susulan yang terjadi, Daryono mengaku cukup tenang karena trennya semakin mengecil.

"Jadi, ini adalah besaran magnitudo yang kami plot menjadi sebuah diagram. Tampaknya ada trend aktivitas magnitudo-nya semakin melemah," katanya.

Selain itu, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa hingga pukul 07.30 WIB hari ini, tren frekuensi aktivitas gempa susulan juga semakin jarang.

BERITA TERKAIT

"Nah ini lebih menarik lagi, frekuensinya kami kumpulkan tiap 6 jam, tiap 6 jam kita jumlah dan ternyata 6 jam pertama itu gempanya banyak sekali yakni 56 gempa. Lalu, 6 jam kedua 39 gempa, 6 jam ketiga 17 gempa, dan 6 jam terakhir 4 gempa," pungkas Daryono.

Adapun, BMKG menilai tren penurunan frekuensi gempa itu sudah nyata dan ini menjadi pertanda bahwa tidak lama lagi kondisi akan aman kembali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas