Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPR Pastikan Bakal Langsung Proses Pergantian Panglima TNI kalau Surat dari Presiden Sudah Masuk

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sangat terbuka kemungkinan proses pergantian pucuk pimpinan TNI akan dilakukan sebelum pergantian tahun.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in DPR Pastikan Bakal Langsung Proses Pergantian Panglima TNI kalau Surat dari Presiden Sudah Masuk
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Gedung Nusantara III, DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, sangat terbuka kemungkinan proses pergantian pucuk pimpinan TNI akan dilakukan sebelum pergantian tahun.

Kata Dasco, DPR bakal segera memproses sesuai mekanisme pergantian Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan purnabakti sebagai Panglima TNI.

Kendati begitu, hingga hari ini kata Dasco, DPR masih belum menerima Surat Presiden (Surpres) terkait hal tersebut.

"Tentunya kalau sudah masuk kita akan proses sesuai mekanisme yang berlaku, agar apa yang diharapakan, termasuk tidak ada pelanggaran undang-undang karena batas waktu," ujar Dasco saat ditemui awak media di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

Sebagaimana diketahui Andika memang akan memasuki masa pensiun pada Desember mendatang. Sementara, DPR akan memasuki masa reses, menutup masa sidang pada pertengahan Desember.

Karena itu proses penggantian Panglima TNI kata Dasco, kemungkinan akan segera dilakukan selama DPR masih memasuki masa sidang.

BERITA REKOMENDASI

"Ya kemungkinan itu terbuka karena mengingat waktu yang kita mau reses ini kan tanggal 15 Desember sehingga kita akan upayakan proses-proses itu berjalan sampai sebelum kita reses," kata Dasco.

Atas hal itu, DPR kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu, masih menunggu dan berharap surpres itu segera dikirimkan pada pekan ini.

"Makanya saya bilamg sampai sekarang belum tapi insyaallah dalam minggu midah mudahan sudah masuk. Minggu ini kan bisa besok, bisa lusa, bisa juga hari ini sih," tukas Dasco.

Sebelumnya, pemerintah akan mengirim surat presiden (Surpres) mengenai calon Panglima TNI ke DPR

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Surpres mengenai calon pengganti Jenderal Andika Perkasa tersebut akan diserahkan ke DPR hari ini, Selasa, (22/11/2022).

Baca juga: Surpres Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa akan Diserahkan Hari Ini ke DPR

“Surpres penggantian panglima TNI itu kita, kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR Surpresnya,” kata Pratikno usai pelantikan Hakim MK di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Untuk waktu tepat penyerahan Surpresnya, Pratikno mengaku belum mengetahui apakah akan siang ini atau sore.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas