Tribun

Hari Aids Sedunia

Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Tema 2022: Menyamakan

Hari AIDS Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember. Tahun ini, tema Hari Aids Sedunia adalah Menyamakan. Simak sejarahnya di sini.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Tema 2022: Menyamakan
Kompas.com
Ilustrasi Hari AIDS Sedunia - Hari AIDS Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember. Tahun ini, tema Hari Aids Sedunia adalah Menyamakan. Simak sejarahnya di sini. 

TRIBUNNEWS.COM - Hari AIDS Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember.

Mengutip laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tema Hari AIDS Sedunia 2022 adalah "Menyamakan".

WHO menyerukan kepada para pemimpin dan warga dunia untuk dengan berani mengakui dan mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat kemajuan dalam mengakhiri AIDS; dan menyetarakan akses ke layanan HIV esensial terutama untuk anak-anak dan populasi kunci serta pasangannya, pengguna narkoba, pekerja seks, dan orang-orang di penjara.

Hari AIDS Sedunia tersebut ditetapkan oleh WHO pada tahun 1988, untuk memfasilitasi pertukaran informasi antara pemerintah pusat dan daerah, organisasi internasional, dan individu.

WHO menyelenggarakan Hari AIDS Sedunia, mengembangkan tema dan kegiatan tahunan.

Kemudian tahun 1996, tanggung jawab tersebut diambil alih UNAIDS, Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS.

Baca juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional pada Desember 2022, Hari AIDS Sedunia hingga Hari Ibu

Mengutip Britannica, pada tahun 1997 UNAIDS menciptakan World AIDS Campaign (WAC) untuk meningkatkan kesadaran AIDS dan mengintegrasikan informasi AIDS di tingkat global.

Pada tahun 2005 WAC menjadi badan independen, berfungsi sebagai gerakan advokasi AIDS global, berbasis di Cape Town, S.Af., dan Amsterdam, Neth.

Selain memastikan dukungan para pemimpin dan organisasi AIDS, WAC menyiapkan informasi yang dibagikan untuk Hari AIDS Sedunia.

Tema pertama Hari AIDS Sedunia adalah "Komunikasi".

Untuk tahun 2005 hingga 2010, WAC mengusung tema "Stop AIDS. Pertahankan Janji", yang digunakan organisasi ini tidak hanya pada Hari AIDS Sedunia, tetapi juga sepanjang tahun untuk meningkatkan kesadaran akan AIDS.

Pada 1 Desember 2020, WHO bergabung dengan mitra untuk memberikan penghormatan kepada semua orang yang bekerja untuk menyediakan layanan HIV.

Mengutip laman Provinsi Banten, WHO menyerukan kepada para pemimpin global dan warga untuk menggalang "Solidaritas Global" demi mempertahankan layanan penting HIV selama Covid-19 dan seterusnya.

"Solidaritas Global" juga menjadi tema pada peringatan Hari HIV AIDS Sedunia 2020.

(Tribunnews.com, Widya)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas