Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Tahap Pertama Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bencana Gempa Cianjur, Pemerintah Perbaiki 8.341 Rumah

Rapat koordinasi tingkat menteri yang membahas penanganan darurat dan pascabencana gempa Cianjur digelar, Kamis (1/12/2022).

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Tahap Pertama Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bencana Gempa Cianjur, Pemerintah Perbaiki 8.341 Rumah
AFP/ADEK BERRY
Warga Rosyid Rusli menyelamatkan sepotong pakaian dari puing-puing rumahnya yang rusak di Cugenang, Cianjur pada 23 November 2022, menyusul gempa berkekuatan 5,6 yang melanda daerah itu pada 21 November. Tahap pertama rehabilitasi dan rekonstruksi akan ada 8.341 rumah diperbaiki dalam waktu dekat. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rapat koordinasi tingkat menteri yang membahas penanganan darurat dan pascabencana gempa Cianjur digelar, Kamis (1/12/2022).

Rapat diikuti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, jajaran perwakilan TNI/Polri, pemerintah daerah, dan instansi terkait.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan rapat membahas soal tahap persiapan rehabilitasi dan rekonstruksi menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakni menjalankan tahap persiapan rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut secara simultan dan pararel tanpa harus menunggu tahap tanggap bencana rampung.

"Rapat sekarang adalah rapat membahas tahap persiapan rehabilitasi dan rekonstruksi menindaklanjuti arahan bapak Presiden agar penanganan bencana gempa Cianjur dilakukan paralel dan simultan antara tahap tanggap bencana dan tahap rehabilitas dan rekonstruksi," kata Muhadjir dalam konferensi pers seperti disiarkan di Youtube Kemenko PMK, Kamis.

Baca juga: Gempa Cianjur, Jumlah Korban Meninggal Dunia Bertambah Jadi 329 Orang

Adapun berdasarkan hasi rapat, dari 60 ribu rumah rusak, jumlah rumah yang telah terverifikasi sebanyak 17.864 unit kategori berat, sedang, dan ringan.

Nantinya pada tahap pertama rehabilitasi dan rekonstruksi ini, akan ada 8.341 rumah diperbaiki dalam waktu dekat.

Sementara dana yang digunakan dalam tahapan ini bersumber dari Dana Siap Pakai (DSP) yang segera dicairkan, tanpa perlu peraturan seperti Instruksi Presiden (Inpres).

Baca juga: Basarnas Perkirakan Masih Ada 8 Jenazah Tertimbun Longsor Gempa Cianjur di Sekitar Kafe Arseven

"Untuk tahap satu, nanti akan ada sebanyak 8.341 rumah yang akan segera diperbaiki dalam waktu dekat," kata Muhadjir.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir pada Senin mendatang untuk bertemu langsung para korban yang mendapat bantuan dari pemerintah di gelombang pertama tahap rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut.

"InsyaAllah pak Presiden hari Senin akan datang berkenan hadir langsung bertemu para korban yang nanti akan mendapat bantuan langsung dari pemerintah untuk tahap pertama rehab rekon," katanya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas