Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

1 Korban Gempa di Cicadas Ditemukan Kemarin, Basarnas Sebut Proses Pencarian di Worksite 3 Ditutup

Ditutupnya proses pencarian di worksite 3, maka saat ini tim Basarnas menaruh fokus pencarian hanya di 2 worksite tersisa.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in 1 Korban Gempa di Cicadas Ditemukan Kemarin, Basarnas Sebut Proses Pencarian di Worksite 3 Ditutup
Ist
Kondisi tanah longsor akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berkekuatan 5,6 Magnitude yang hingga kini tercatat menyebabkan ratusan orang meninggal dunia, Jumat (2/12/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAWA BARAT - Tim gabungan Basarnas bersama TNI-Polri kembali melaporkan penemuan korban gempa bumi yang tertimbun longsor di Desa Cicadas, Kabupaten Cianjur, Kamis (1/12/2022) kemarin.

Korban yang berhasil dievakuasi tersebut yakni atas nama Khoirudin yang menjadi jenazah kedua dalam proses pencarian yang berhasil ditemukan di desa Cicadas.

Dengan ditemukannya satu jenazah itu, maka saat ini tim Basarnas telah mencapai target untuk proses pencarian di wilayah Cicadas yang masuk dalam worksite 3 pencarian.

"Alhamdulillah kemarin perhari ke 12 ditemukan korban yang di Cicadas atas nama pak Khoirudin, dua-duanya (korban yang dicari) sudah terevakuasi Alhamdulillah, memang target dalam worksite ke 3 itu hanya dua saja," kata Kepala Sub Direktorat Pengendali Operasi dan Potensi Basarnas Emif Rezar saat ditemui di posko Basarnas, Cianjur, Jumat (2/12/2022).

Sebagai informasi, dalam proses pencarian korban hilang ini, tim Basarnas memetakan wilayah-wilayah pencarian dengan membagi tiga worksite.

Baca juga: Update Gempa Cianjur: Pencarian Korban Diperpanjang hingga Sabtu Besok

Adapun worksite 1 yakni kawasan Warung Sate Shinta dan Kafe Arseven, Worksite 2 yakni Desa Cijedil, dan Worksite 3 yakni Desa Cicadas.

Dengan sudah ditemukannya dua jenazah di desa Cicadas kemarin, maka kata Emif, saat ini tim Basarnas telah memutuskan untuk menutup proses pencarian di Worksite 3.

"Sehingga hari ini worksite ke tiga kita close," kata Emif.

Ditutupnya proses pencarian di worksite 3, maka saat ini tim Basarnas menaruh fokus pencarian hanya di 2 worksite tersisa.

Dengan begitu, tim yang semula melakukan pencarian di worksite 3 kata dia, mulai hari ini dikerahkan untuk membantu pencarian di worksite 1 di warung sate Shinta dan worksite 2 di desa Cijedil.

"Tim yang ada di worksite 3 kita konsentrasi kan di worksite 1 dan worksite 2, dan juga untuk worksite 1 sekarang sudah dibagi dua lagi, jadi ada worksite 1A 1B," ucap dia.

Dengan penambahan personel di 2 worksite itu diharapkan dapat mempermudah proses pencarian 11 korban tersisa yang dilaporkan masih hilang.

Dari keseluruhan korban yang masih hilang itu, diperkirakan ada 8 korban yang tertimbun longsor di kawasan Warung Sate Shinta dan Kafe Arseven.

"Ini untuk memudahkan (pencarian korban tersisa) dengan adanya penambahan dari tenaga pendukung yang ada di worksite 3," tukas dia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas