Tribun

Pergantian Panglima TNI

Kapolri Acungkan Jempol untuk Yudo Margono yang Mengikuti Tes Calon Panglima TNI di DPR

Pantauan Tribunnews.com, Yudo Margono tiba di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan Jakarta sekira pukul 13.10 WIB.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kapolri Acungkan Jempol untuk Yudo Margono yang Mengikuti Tes Calon Panglima TNI di DPR
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Marsekal Yudo Margono mendatangi Komisi I DPR RI untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Marsekal Yudo Margono mendatangi Komisi I DPR RI untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

Pantauan Tribunnews.com, Yudo Margono tiba di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan Jakarta sekira pukul 13.10 WIB.

Yudo tampak hadir didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkata Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Tak hanya itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga terlihat hadir mendampingi Yudo Margono ke ruangan Komisi I DPR RI.

Baca juga: Yudo Margono akan Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR, Bahas soal Profesionalisme

Saat berjalan menuju ke ruang Komisi I DPR, Yudo Margono tampak terlihat tegang.

Dia sempat dimintai awak wartawan untuk memberikan keterangan singkat jelang fit and proper test.

Namun Yudo tak memberikan keterangannya.

Dia menyampaikan akan memberikan keterangan usai menjalani fit and proper test.

Kapolri Sigit yang mendampingi Yudo pun memberikan dukungan.

Saat ditanya apakah kehadirannya untuk memberikan dukungan kepada Yudo, Kapolri memberikan jempol kepada awak media.

"Pak Kapolri, semangati Pak Yudo enggak?" tanya awak media kepada Kapolri Sigit.

"Pokoknya, beliau pasti lancar," jawab Kapolri sambil mengacungkan jempolnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) sekaligus Calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengaku tidak ada persiapan khusus menghadapi fit and proper test di Komisi I DPR RI pada Jumat (2/12/2022) besok.

Namun demikian, ia mengatakan telah melakukan persiapan untuk menghadapi uji kelayakan dan kepatutan tersebut sejak diumumkan sebagai calon Panglima TNI yang ditunjuk Presiden Joko Widodo oleh Ketua DPR RI Puan Maharani pada Senin (28/11/2022) lalu.

Hal tersebut disampaikan Yudo usai mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melepas Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-UNIFIL TA 2022 di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara pada Kamis (1/12/2022).

"Tidak ada (persiapan khusus). Yang penting sudah persiapan sejak diumumkan waktu itu, ya kan berarti harus persiapan. Pasti akan ada fit and proper test. Ya kita harus siapkan," kata Yudo.

Ketika ditanya lebih jauh mengenai visi misinya sebagai Panglima TNI, Yudo mengatakan akan menyampaikannya ke media massa setelah melakukan fit and proper test.

"Nanti setelah fit and proper test saya sampaikan," kata Yudo.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas