Tribun

Dapat Dukungan, NasDem Yakin Anies Baswedan Menang di Sumatera Barat pada Pilpres 2024

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya meyakini Anies Baswedan menang pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 di wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dapat Dukungan, NasDem Yakin Anies Baswedan Menang di Sumatera Barat pada Pilpres 2024
ISTIMEWA
Anies Baswedan kampanye pemilihan presiden (pilpres) 2024 di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya meyakini Anies Baswedan menang pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 di wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Hal itu merespons Niniak mamak di bawah naungan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) yang berjanji akan memberikan suara 75 persen untuk Anies pada pilpres mendatang.

Willy mengatakan kalau tidak bertemu tetua adat di Minangkabau sama halnya tidak mencicip randang dan gulai cubadak.

"Sebenarnya esensi dari pertemuan Anies Baswedan dengan Niniak Mamak maupun Bundo Kanduang sudah kajian manurun," kata Willy di Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Menurut Willy, setiap manusia memang sudah keharusan bersilaturahmi agar terjalin hubungan baik antara sesama.

"Datang tampak muko, pulang tampak pungguang (datang dan pergi hendaklah memberitahu). Di sini itu sudah jelas bagian kearifan lokal, dan kemudian menunjukan Anies sosok yang beradat," ujarnya.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu menyebut kunjungan Anies hari kedua di Sumbar, tepatnya di Padang dengan menemui Niniak Mamak dan Bundo Kanduang merupakan bagian dari diskusi dan bagian dari silaturahmi.

"Kunjungan ini tidak hanya simbol-simbol semata, yang penting ada substansinya, yakni apakah kita beradab dan beradat," ucapnya.

Willy menjelaskan pertemuan dengan tetua adat hari ini juga menyampaikan harapan mereka kepada Anies yang kemudian menjadi ayat-ayat, bait-bait penuntun bagi Anies sendiri.

Anies, kata dia, memiliki tempat di Sumbar, hal itu dilihat dari antusias masyarakat menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Insya Allah Anies di Sumatera Barat menang. Tentu semuanya kita kembalikan kepada rakyat atau urang awak. Istilahnya marapulai rancak, awak ka baralek gadang. Semoga di pilpres 2024, Ranah Minang baralek gadang, marapulainyo Anies," terang Willy.

Baca juga: Nasdem Jelaskan Alasannya Fasilitasi Anies dengan Jet Pribadi saat Safari Politik ke Sumbar

Sementara, Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar membeberkan alasan kenapa Niniak Mamak dan Bundo Kanduang di ranah minang sepakat untuk memenangkan Anies di pilpres 2024.

"Yang jelas sekali (Anies) tokoh yang sederhana, agamais dan pembela perempuan serta kesejahteraan demokrasi," imbuhnya.

Ia menambahkan dalam hal ini orang minang akan saling berkata antara Niniak Mamak dan perantau untuk memenangkan Anies di pilpres nantinya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas