Tribun

TNI AL dan Laskar Indonesia Pusaka Akan Gelar Wayang Orang Lakon Pandowo Boyong

TNI Angkatan Laut bersama Laskar Indonesia Pusaka (LIP) dan didukung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, akan menggelar pertunjukan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in TNI AL dan Laskar Indonesia Pusaka Akan Gelar Wayang Orang Lakon Pandowo Boyong
Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur pada Jumat (9/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera dan pelestarian wayang orang sebagai kesenian tradisional Indonesia, TNI Angkatan Laut bersama Laskar Indonesia Pusaka (LIP) dan didukung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, akan menggelar pertunjukan wayang orang.

Wayang dengan lakon “Pandowo Boyong” tersebut akan dilaksanakan di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki Jakarta pada (15/1/2023) mendatang. 

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan sejak lama bangsa Indonesia terkenal dengan kekayaan kebhinekaan budayanya yang luar biasa. 

Salah satunya, kata dia, adalah wayang orang yang merupakan pertunjukan budaya yang menjadi jejak olah pikir, olah rasa, dan olah jiwa dari para leluhur yang penuh dengan filosofi dan ajaran kehidupan.

Menurutnya, sudah seharusnya kebudayaan tersebut dipelihara dan jaga kelestariannya bersama.

Usaha menjaga kelestarian budaya asli nusantara tersebut, kata dia, menjadi sangat penting dilaksanakan di tengah serbuan budaya asing sebagai dampak globalisasi, kemajuan teknologi, informasi, dan digital.

Bangsa Indonesia, kata dia, sudah seharusnya lebih memilih wayang sebagai tontotan, sekaligus tuntunan dalam kehidupan. 

"Tetapi pada kenyataannya rakyat kita khususnya generasi muda lebih mengidolakan tokoh-tokoh superhero produk-produk negara lain dibandingkan tokoh-tokoh pawayangan," kata Yudo di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur pada Jumat (9/12/2022).

"Anak-anak kita lebih mengenal, Batman, Superman, bahkan Doraemon, ketimbang Bima, Janaka, maupun Ontoseno," sambung dia.

Menurutnya hal tersebut menjadi tantangan bagi bangsa untuk mengembalikan kecintaan masyarakat terhadap budaya sendiri.

Untuk itu, kata dia, TNI Angkatan Laut bertekad ambil bagian dalam usaha melestarikan berbagai kekayaan budaya bangsa melalui tindakan-tindakan yang nyata.

Sebagai salah satu wujudnya TNI Angkatan Laut akan menggelar pertunjukan Wayang Orang.

Baca juga: Kelakar Laksamana Yudo Margono Soal Sosok KSAL Pengganti Dirinya: Yang Pasti dari Angkatan Laut

"Pertunjukan tersebut akan terasa lain dan istimewa karena tidak dimainkan oleh para seniman profesional saja, tetapi oleh para pejabat TNI Angkatan Laut, yang tidak main-main dalam mengambil peran aktif melestarikan kesenian wayang orang," kata dia.

Pagelaran tersebut, kata Yudo, melibatkan sekira 480 orang baik dari prajurit TNI Angkatan Laut, Wayang Orang Bharata, dan Laskar Indonesia Pusaka.

Sejumlah Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut, aktris, seniman wayang, hingga budayawan akan tampil dalam pagelaran tersebut.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas