Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Sebut 200 Ribu Banser Ikut Amankan Gereja saat Misa Natal 2022

200 ribu banser ikut membantu Polri dan tim gabungan untuk amankan gereja selama perayaan misa Natal 2022.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Polri Sebut 200 Ribu Banser Ikut Amankan Gereja saat Misa Natal 2022
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
APEL KEBANGSAAN - Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU mengikuti apel kebangsaan pada acara peringatan Hari Lahir ke-83 Gerakan Pemuda Ansor bertema "Mencerahkan Warga, Menggerakkan Warga", di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (10/5/2017). Acara yang dihadiri ribuan anggota Banser NU dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Jawa Barat itu diisi dengan kegiatan pelantikan pengurus Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat, silaturahmi ulama, dan launching Kecamatan Bersholawat. 200 ribu banser ikut membantu Polri dan tim gabungan untuk amankan gereja selama perayaan misa Natal 2022. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian RI mengungkapkan pengamanan gereja saat pelaksanaan Misa Natal 2022 tak hanya berasal dari personel Polri.

Nantinya, Polri juga melibatkan pihak eksternal.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa tim gabungan yang bakal mengamankan Misa Natal sebanyak 102 ribu.




Sementara itu, pihak banser yang bakal membantu sebanyak 200 ribu.

"Jumlah personel yang akan dilibatkan untuk Polri sendiri ada 102.000 kemudian lainnya rekan-rekan dari TNI, K/L dan lainnya dari Dishub, kesehatan, dari Jasa Marga. Termasuk dari Pak Menteri Agama menyiapkan 200.000 banser yang ikut bersama polri dalam rangka mengamankan gereja," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Senin (19/12/2022).

Dedi menuturkan bahwa ribuan banser itu bakal membantu Polri saat pengamanan Misa Natal 2022.

Termasuk, rangkaian ibadah yang dilakukan gereja-gereja di seluruh Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Pengamanan gereja baik pada saat pelaksanaan misa malam natal dan juga misa tahun baru. Jadi Polri bersama TNI juga dibantu dari rekan-rekan banser termasuk pengamanan internal dari pihak gereja akan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan ibadah saudara kita umat Kristiani," jelasnya.

Sebagai informasi, Mabes Polri mengungkap ada 49.702 gereja yang bakal diamankan saat pelaksanaan misa natal 2022. Pengamanan itu dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Tak hanya gereja, kata Dedi, pihaknya juga bakal mengamankan 711 terminal, 653 pelabuhan, 206 bandara, 526 stasiun kereta api, 3.693 pasar dan pusat perbelanjaan, 3.709 obyek wisata dan 1.706 obyek perayaan malam pergantian tahun.

Nantinya, operasi pengamanan tersebut bergerak di bawah payung operasi lilin. Adapun operasi itu bakal dimulai pada 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Demi  menciptakan suasana yang kondusif dan menyambut perayaan Natal, Satgas Yonif Raider 142/KJ bersama Polres Yalimo melaksanakan patroli keliling wilayah Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua pegunungan, Kamis (15/12/2022). 

Kegiatan pelaksanaan patroli dari polres Kabupaten Yalimo dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Micha Toding Potty, S.H., S.I.K. sementara dari Satgas dipimpin oleh Perwira Seksi Operasi Lettu Inf Muh Zandra, S.T.Han dengan 10 orang personel Satgas. //PUSPEN TNI
TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Demi menciptakan suasana yang kondusif dan menyambut perayaan Natal, Satgas Yonif Raider 142/KJ bersama Polres Yalimo melaksanakan patroli keliling wilayah Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua pegunungan, Kamis (15/12/2022). Kegiatan pelaksanaan patroli dari polres Kabupaten Yalimo dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Micha Toding Potty, S.H., S.I.K. sementara dari Satgas dipimpin oleh Perwira Seksi Operasi Lettu Inf Muh Zandra, S.T.Han dengan 10 orang personel Satgas. //PUSPEN TNI (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas