Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KRI Frans Kaisiepo-368 Pimpin Evakuasi Kapal Pengungsi Suriah yang Tenggelam di Laut Mediterania

KRI Frans Kaisiepo-36 memimpin proses evakuasi kapal pengungsi Suriah yang tenggelam di Laut Mediterania.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KRI Frans Kaisiepo-368 Pimpin Evakuasi Kapal Pengungsi Suriah yang Tenggelam di Laut Mediterania
Dinas Penerangan Angkatan Laut
KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL melakukan evakuasi terhadap kapal pengungsi Suriah yang tenggelam di Laut Mediterania. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL memimpin proses evakuasi terhadap kapal pengungsi Suriah yang tenggelam di Laut Mediterania.

Saat melaksanakan tugas perdananya, KRI Frans Kaisiepo-368 langsung mendapat kepercayaan dari MTF Commander sebagai On Scene Coordinator dan Tactical Controller pada operasi SAR terhadap kapal pengungsi Suriah yang tenggelam pada 40 NM lepas pantai Tripoli, Sabtu (31/12/2022). 

Dalam operasi kemanusiaan tersebut, KRI Frans Kaisiepo-368 juga mengendalikan Kapal Perang Yunani HS Spetsai-F 453, dua patrol boat, satu RHIB LAF Navy, serta satu small boat ICRC.




Awalnya info musibah tersebut didapat dari distress signal dan laporan dari LAF Navy.

Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh beserta prajurit yang tengah berada di Area of Maritime Operation bergegas menuju lokasi tenggelamnya kapal. 

Saat pertama kali diidentifikasi, sepertiga badan kapal yacht yang dimuati pengungsi Suriah tersebut sudah dalam posisi tenggelam.

KRI Frans Kaisiepo-368 kemudian melaksanakan peran MOB (Man Over Board) dan menurunkan kedua sekoci untuk mengevakuasi korban. 

BERITA TERKAIT

Selain itu KRI Frans Kaisiepo-368 juga mengendalikan Kapal Perang Yunani HS Spetsai-F 453, dua patrol boat dan satu RHIB LAF Navy, serta satu small boat ICRC.

Baca juga: Purnawirawan TNI Ditusuk Orang Tidak Dikenal, Ketua Umum PPAD Minta Polisi Usut Tuntas Kasusnya

Berkat kesiapsiagaan dan pengendalian operasi yang baik, seluruh korban berhasil dievakusi meskipun dua di antaranya meninggal dunia. 

KRI Frans Kaisiepo-368 berhasil mengevakuasi korban selamat sebanyak 96 orang yang terdiri dari 18 pria, 21 wanita, dan 57 anak-anak termasuk di dalamnya bayi yang masih berusia 29 hari.

Korban meninggal dua orang terdiri dari 1 wanita berusia 60 tahun dan 1 anak perempuan berusia 5 tahun. 

Seluruh korban selanjutnya dievakuasi menuju Tripoli, Lebanon untuk penanganan lanjutan oleh UNHCR.

"Peristiwa ini merupakan misi kemanusiaan yang harus menjadi prioritas dan ditangani secara tuntas, terlebih lagi kita sedang mengemban mandat PBB sebagai peacekeeper," kata John dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Senin (2/1/2023)

"Kita harus laksanakan tugas ini dengan optimal untuk meminimalisir korban meninggal. Beri rasa aman dan nyaman serta sikap humanis selama mereka on board untuk menghilangkan trauma," sambung dia.

Baca juga: Presiden Turki Erdogan Ingin Temui Presiden Rusia dan Suriah tanpa Campur Tangan AS

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas