Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arif Rachman Batal Jalani Sidang, Saksi Meringankan Tak Hadir karena Belum Dapat Izin dari Polri

Batalnya persidangan ini karena saksi meringankan yakni seorang anggota Polri yang juga mantan staf dari Arif Rachman tidak hadir

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Arif Rachman Batal Jalani Sidang, Saksi Meringankan Tak Hadir karena Belum Dapat Izin dari Polri
Istimewa
Terdakwa obstarction of justice kasus Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Arif Rachman Arifin, menangis di persidangan, Jumat (13/1/2022). Arif Rachman Arifin batal menjalani sidang lanjutan, Selasa (17/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa perkara penghalangan penyidikan atau obstruction of justice, Arif Rachman Arifin batal menjalani sidang lanjutan, Selasa (17/1/2023).

Sedianya, sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi meringankan atau a de charge untuk terdakwa Arif Rachman Arifin.

Batalnya persidangan ini karena saksi meringankan yakni seorang anggota Polri yang juga mantan staf dari Arif Rachman tidak hadir karena belum mendapat izin dari Korps Bhayangkara.

Baca juga: Arif Rachman Sebut Kondisinya Drop Saat Tahu Cerita Ferdy Sambo soal Tewasnya Yosua Tak Sesuai Fakta

"Kita akan melanjutkan persidangan saudara dengan agendanya mendengarkan saksi a de charge ataupun ahli yang sudah kita rencanakan di persidangan minggu lalu, bagaimana?" tanya hakim.

"Mohon izin yang mulia, hari ini rencananya kami menghadiri saksi a de charge itu anggota Polri mantan staf Arif, tapi belum mendapat izin dari institusi," jawab kuasa hukum Arif, Marselina.

"Jadi mohon izin kami hari ini tak menghadirkan saksi langsung lanjut saja ke agenda selanjutnya ahli yang akan kita selesaikan minggu ini," sambung Marselina.

BERITA TERKAIT

"Ahlinya ada hari ini?" tanya hakim kembali.

"Ahlinya enggak ada yang mulia, kita selesaikan di Kamis dan Jumat karena berbenturan juga dengan jadwal ahlinya jadi Kamis Jumat akan diselesaikan," ucap Marselina.

Baca juga: Mengapa Arif Rachman Menyesal Punya Atasan Ferdy Sambo? Arif Blak-blakan tentang Mantan Atasannya

Lalu, Ahmad Suhel kembali mengingatkan pihak kuasa hukum Arif untuk segera bisa memanggil saksi meringankan maupun saksi ahli karena waktu yang sudah mepet. 

"Baik kami ingatkan kita udah sepakat dan juga waktu sudah mepet, sidang sebelah itu sudah sampai tuntutan, sehingga itu lah mengapa kami yang sudah disepakati pada sebelumnya kehadirannya itu dari saudara bukan kami yang menentukan," tegas hakim.

"Saudara hadirkan A De Charge dan ahli saudara, bilamana tidak hadir maka kemudian kita beri kesempatan pada yang hadir saja sampai hari Jumat gitu ya, kalau sekiranya udah lewat tapi belum didengarkan, akan kita lewat, jangan sampai persidangan ini tertunda karena tidak ada kesiapan dari pihak saudara untuk menghadirkan," ucap hakim.

"Mohon maaf yang mulia," ucap Marselina.

Terkait itu, Marselina mengatakan jika saksi meringankan dan saksi ahli juga tidak hadir dalam pekan ini, maka keterangannya akan dimasukan ke dalam alat bukti.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas