Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD Sebut Pemilu 2024 di Indonesia Merupakan Pemilu Terbesar dan Terumit Sedunia

Mahfud MD menilai, penyelanggaraan (Pemilu) tahun 2024 di Indonesia mendatang merupakan Pemilu yang paling besar dan paling rumit sedunia.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mahfud MD Sebut Pemilu 2024 di Indonesia Merupakan Pemilu Terbesar dan Terumit Sedunia
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Universitas Paramadina
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Mahfud MD Sebut Pemilu 2024 di Indonesia Merupakan Pemilu Terbesar dan Terumit Sedunia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI (Menkopolhukam) Prof. Mahfud MD menilai, penyelanggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 di Indonesia mendatang merupakan Pemilu yang paling besar dan paling rumit sedunia.

Keterangan itu disampaikan Mahfud MD dalam paparannya di Seminar Pers dan Pemilu Serentak 2024 bersama Dewan Pers yang dibacakan oleh Anggota Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Janedjri M. Gaffar, di Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2023).

Penyelenggaraan pemilu itu juga kata dia, bisa dijadikan momentum besar yang pernah terjadi dalam iklim demokrasi Indonesia.

"Pemilu di Indonesia merupakan Pemilu yang terbesar dan terumit di dunia. Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 merupakan momentum besar bagi bangsa Indonesia," kata Mahfud.

Dikatakan paling rumit, karena kata Mahfud, untuk pertama kalinya pemilu legislatif, pemilu kepala daerah hingga pemilu presiden diselenggarakan secara serentak.

Dengan begitu, Mahfud memperingatkan kalau kondisi ini rawan terjadi ancaman bagi proses demokrasi.

Sebab, ajang Pemilu mampu mempengaruhi suhu politik dan sosial di dalam negeri.

BERITA REKOMENDASI

"Pemilu pada hakikatnya adalah momentum kompetisi politik yang sangat dinamis. Suatu kompetisi selalu diwarnai dengan naiknya suhu sosial yang dapat mengancam demokrasi itu sendiri jika tidak dikelola dengan baik," kata dia.

Tak hanya itu, jumlah pemilih dan calon peserta pemilu yang dipilih kata dia juga disebut dalam jumlah yang besar.

Oleh karena itu, tantangan dalam proses pemilu juga diyakini semakin besar, termasuk soal pendistribusian logistik.

Baca juga: Perludem Sebut Pemilu 2024 Paling Menegangkan, Kontroversinya Terasa Sejak Awal Tahapan

"Kebesaran Pemilu kita akan semakin jelas jika kita menghitung jumlah pemilih, jumlah peserta dan calon, jumlah daerah pemilihan untuk setiap lembaga perwakilan, jumlah logistik yang harus disediakan dan distribusi yang harus dilakukan," tukas Mahfud MD.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas