Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Bulat Dorong Airlangga Jadi Capres, Agung Laksono: Siapa Pasangannya Harus Bicara dengan KIB

Nantinya, kata Agung Laksono, pembicaraan dalam koalisi KIB hanya tinggal membahas perihal siapa sosok calon wakil presidennya.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Golkar Bulat Dorong Airlangga Jadi Capres, Agung Laksono: Siapa Pasangannya Harus Bicara dengan KIB
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (29/1/2023). Agung Laksono menegaskan partainya telah bulat mendorong Airlangga Hartarto jadi calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono menegaskan partainya telah bulat mendorong Airlangga Hartarto jadi calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Adapun deklarasi bakal segera dilakukan dalam waktu dekat.

Nantinya, kata Agung Laksono, pembicaraan dalam koalisi KIB hanya tinggal membahas perihal siapa sosok calon wakil presidennya. Namun soal capres, partai Golkar sudah bulat mendorong Airlangga Hartarto.

"Betul sudah bulat. Nanti dengan siapa pasangannya kan tentu harus bicara dengan KIB," kata Agung di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Baca juga: Airlangga Ajak Kader Golkar Kembali Kuningkan Sulut di Pemilu 2024

Agung menyatakan bahwa Airlangga Hartarto telah memerintahkan untuk melakukan konsolidasi, organisasi keanggotaan dan persiapan kepada internal partai Golkar. Dia meyakini, deklarasi bakal dilakukan dalam waktu yang tak lama lagi.

"Oh tentu ada pada waktunya, yang tidak terlalu lama, saya percaya dalam tahun ini akan keputusan karena memang tahun ini harus ada pendaftaran," jelasnya.

Di sisi lain, Agung menjelaskan Airlangga Hartarto masih tengah mempersiapkan langkah-langkah yang tepat dalam menuju deklarasi capres dan cawapres dari KIB. Termasuk, dia masih mengumpulkan dukungan parpol koalisi.

BERITA REKOMENDASI

"Sebab partai sudah memutuskan bahwa ada yang diusung dari kadernya sendiri, yang terbaik. Tapi tentu tidak bisa sendiri, harus dengan bentuk pasangan, dalam hal ini perlu koalisi. Kami sudah memiliki KIB. Ya terbuka untuk partai-partai lain," tukasnya.

Sebagai informasi, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengisyaratkan bakal segera mengumumkan figur yang akan diusung sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024. Rencananya, figur itu bakal diungkap pada Februari 2023 mendatang.

Baca juga: Soal Deklarasi Capres KIB, Agung Laksono: Beri Waktulah Kepada Pak Airlangga

Adapun KIB merupakan gabungan koalisi dari partai Golkar, PAN dan PPP. Mereka disebut akan menjadi poros ketiga dari daftar bursa nama capres yang telah beredar.

Sebelumnya sejumlah dewan pengurus wilayah partai persatuan pembangunan mendeklarasikan untuk mendukung Ganjar Pranowo.

Plt Ketua Umum PPP M Mardiono mengatakan, hingga saat ini terdapat 14 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP yang mengusulkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar diusung menjadi capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Ia menyatakan, usulan dari kader-kadernya di sejumlah daerah itu akan dibawa dalam rapat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) nanti.

"Sekali lagi kami akan bawa ke KIB nanti. Harapan saya ya kalau itu sama calonnya ya sudah menjadi keputusan nanti," ujarnya.

Sedangkan Relawan Amanat Indonesia atau ANIES yang mengklaim terdiri dari para pendiri Partai Amanat Nasional menyatakan mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas