Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko PMK Minta Mendes Fokuskan Dana Desa untuk Ketahanan Pangan hingga Stunting

Muhadjir Effendy meminta pemanfaatan dana desa untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting harus bisa dimaksimalkan.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menko PMK Minta Mendes Fokuskan Dana Desa untuk Ketahanan Pangan hingga Stunting
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, ketika melakukan tinjauan penanganan arus lalu lintas kendaraan di Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (30/12/2022). Muhadjir Effendy mengatakan penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting harus dilakukan secara menyeluruh di tiap desa. Dia meminta pemanfaatan dana desa untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting harus bisa dimaksimalkan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting harus dilakukan secara menyeluruh di tiap desa.

Dirinya meminta pemanfaatan dana desa untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting harus bisa dimaksimalkan.

Muhadjir Effendy mengaku telah meminta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memfokuskan dana desa untuk masalah tersebut.

"Untuk dana desa mohon digunakan semaksimal mungkin. Saya sudah minta ke pak Menteri Desa agar dana desa difokuskan kepada 3 hal, yaitu penanganan ketahanan pangan, penurunan stunting serendah mungkin, kemudian penghapusan kemiskinan ekstrem," ujar Muhadjir Effendy melalui keterangan tertulis, Senin (13/2/2023).

"Ini sesuai dengan program Kementerian Desa, yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Jadi targetnya desa tanpa kemiskinan, desa tanpa stunting," tambah Muhadjir.

Baca juga: Upaya Pencegahan Stunting, Kapolres Ngawi Dampingi Menko PMK Sosialisasi ke Masyarakat

Hal tersebut diungkapkan oleh Muhadjir saat meninjau kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting di Desa Gempol, Kecamatan Karang Jati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Menurutnya, tiap kabupaten yang memiliki masalah kemiskinan ekstrem dan stunting harus berupaya sungguh-sungguh dalam mengentaskannya.

BERITA REKOMENDASI

"Kemiskinan ekstrem ini tidak boleh pilih-pilih lagi. Harus seluruh desa di Kabupaten Ngawi yang memiliki masalah kemiskinan ekstrem harus ditangani sungguh-sungguh," kata Muhadjir.

Pemerintah daerah, kata Muhadjir, wajib melakukan upaya pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting dari sisi pengurangan beban pengeluaran, penambahan pemasukan, maupun juga masalah lingkungan.

Baca juga: Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan: Ekonomi tumbuh namun kemiskinan naik

Muhadjir meminta agar setiap daerah yang memiliki masalah kemiskinan ekstrem di sisi lingkungan seperti sanitasi dan air bersih bisa diselesaikan dengan memanfaatkan program padat karya dana desa.

Misalnya menggarap jamban untuk keluarga yang belum punya akses bisa dibangun dengan program padat karya. Kemudian, untuk masalah stunting bisa dengan melakukan program ketahanan pangan.

"Saya harap supaya dana desa ini bisa digunakan dengan baik dan semestinya," pungkas Muhadjir. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas