Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci Dilanjutkan Besok, akan Gunakan 7 Helikopter

Proses evakuasi helikopter yang mendarat darurat di Hutan Kerinci membawa rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono akan dilanjutkan besok.

Penulis: Rifqah
Editor: bunga pradipta p
zoom-in Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci Dilanjutkan Besok, akan Gunakan 7 Helikopter
Tangkap Layar Kompas TV
Helikopter yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci. Minggu (19/2/2023). Proses evakuasi helikopter yang mendarat darurat di Hutan Kerinci membawa rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono akan dilanjutkan besok. 

TRIBUNNEWS.COM - Proses evakuasi helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mendarat darurat di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi akan dilanjutkan besok, Selasa (21/2/2023).

Keputusan tersebut diambil lantaran terkendala cuaca, proses evakuasi hari ini, Senin (20/2/2023), dihentikan sementara pada pukul 17.30 WIB.

"Sehingga helikopter milik Basarnas dan Puma TNI AU kembali ke Bandara Sultan Thaha," ucap Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis.




Kornelis menyebutkan bahwa proses evakuasi akan dilanjutkan besok pagi dengan menggunakan tujuh helikopter.

Beberapa di antaranya adalah helikopter milik Basarnas, TNI AU, Baharkam Polri, Polda Sumsel, dan Sinar Mas.

"Semoga cuaca besok pagi di sekitar lokasi cerah dan seluruh korban dapat segera di evakuasi," katanya.

Baca juga: Update Helikopter Mendarat Darurat di Hutan Kerinci, Berhasil Ditemukan, Kapolda Jambi Dievakuasi

Kendala Proses Evakuasi

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Mabes Polri mengungkapkan kendala dalam proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono dari Hutan Kerinci.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa kendala yang saat ini dihadapi tim evakuasi adalah cuaca yang kerap tak bisa diprediksi.

Lantaran hal tersebut, proses evakuasi melalui jalur udara pada sore hari ini pun terpaksa dihentikan lantaran cuaca yang tidak memungkinkan.

"Karena cuaca ketika sudah angin kemudian berkabut bahkan ada petir maka proses evakuasi dihentikan sampai sore hari ini," ucap Dedi, Senin (20/2/2023).

"Memang proses evakuasi khusus yang melalui jalur udara kita hentikan dulu karena sangat-sangat bergantung pada cuaca," sambungnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memberikan keterangan kepada awak media di Mapolres Malang, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022). Proses evakuasi helikopter yang mendarat darurat di Hutan Kerinci membawa rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono akan dilanjutkan besok.
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memberikan keterangan kepada awak media di Mapolres Malang, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).| Proses evakuasi helikopter yang mendarat darurat di Hutan Kerinci membawa rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono akan dilanjutkan besok. (SURYA/SURYA/PUR)

Meskipun demikian, Dedi menjelaskan Tim SAR akan kembali melanjutkan proses evakuasi setelah kondisi cuaca di sekitar lokasi membaik.

Berdasarkan pada informasi dari Tim SAR yang bertugas di lokasi, Dedi mengatakan proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi itu hanya bisa dilakukan sampai pukul 20.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas