Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Sebut Menpora Baru Minta Izin Mundur Dari Kabinet Secara Informal, Belum Resmi

Amali belum menyampaikan secara tertulis mundur dari kursi Menpora pasca terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jokowi Sebut Menpora Baru Minta Izin Mundur Dari Kabinet Secara Informal, Belum Resmi
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Menpora Zainuddin Amali. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali baru menyampaikan keinginan untuk mundur secara informal. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali baru menyampaikan keinginan untuk mundur secara informal.

Amali belum menyampaikan secara tertulis mundur dari kursi Menpora pasca terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.




“Secara resmi belum. Tertulis belum. Informal sudah,” kata Presiden di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta, Selasa, (21/2/2023).

Presiden belum mau membicarakan siapa yang akan menjadi Menpora untuk menggantikan Amali nantinya. Menurut Presiden pengganti Amali akan dibicarakan apabila sudah ada surat pengunduran diri secara resmi.

“Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait jabatan Wakil Ketua Umum PSSI yang ia emban. Termasuk melaporkan bahwa dirinya akan memilih fokus untuk melakukan pembenahan sepakbola.

BERITA TERKAIT

“Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada bapak presiden dan tentu juga beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu wakil ketua umum PSSI dan beliau menyerahkan kepada saya karena saya menyampaikan kepada teman saya harus memilih,” kata Amali usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (20/2/2023).

Baca juga: VIDEO Menpora Zainudin Amali Diizinkan Jokowi Fokus Urus Sepak Bola

Presiden kata Amali mengizinkan dirinya fokus konsentrasi di PSSI. Presiden memahami keputusannya tersebut.

“Saya sampaikan kepada bapak Presiden bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola menjadi pengurus PSSI dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya. Saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepakbola,” kata Amali.

Amali tidak menjelaskan lebih jauh, apakah keputusan tersebut berarti dirinya mundur dari jabatan Menpora. Yang pasti kata dia, Presiden sudah memberi izin dirinya fokus di sepakbola.

“Udah jangan dijelasin panjang-panjang lagi itu. Masa kalian tanya lagi itu. Jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola mendampingi pak ET (Erick Thohir) dan Ibu Ratu Tisha dan teman-teman exco,” katanya.

“Kan saya sudah sampaikan saya akan konsentrasi dan fokus di sepakbola kemudian presiden mengizinkan. Silahkan. Sudah. Oke. Masa yang begitu harus diterjemahin panjang-panjang lagi,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas