Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Ketua MUI KH Ali Yafie Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Besok

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ali Yafie meninggal dunia di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (25/2)

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Mantan Ketua MUI KH Ali Yafie Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Besok
Dokumentasi Wikipedia
Ali Yafie 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ali Yafie meninggal dunia di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (25/2/2023).

Kabar ini tersebar lewat pesan singkat di kalangan wartawan.

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Telah wafat Prof. KH Ali Yafie, hari ini Sabtu, tanggal 25 Februari '23, pkl 22.13. di RS.Premier Bintaro," tulis pesan singkat tersebut.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Doakan Kesembuhan Mantan Ketua Umum MUI K.H. Ali Yafie




Jenazah rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Menteng Residence, Menteng Bintaro Sektor 7, Tangerang.

Sementara pemakaman dilakukan Minggu tanggal 26 Februari 2023, bakda Dzuhur di TPU Tanah Kusir.

Jalani perawatan hingga dijenguk Wapres Maruf Amin

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta istrinya Wury Ma’ruf Amin menjenguk KH Ali Yafie di Rumah Sakit Premiere Bintaro , Kamis (16/02/2022).

BERITA TERKAIT

Pada kesempatan tersebut, selain untuk mengetahui kondisi terkini dari kiai sesepuh Nahdlatul Ulama ini, Ma'ruf Amin juga turut memanjatkan doa untuk kesembuhan Kiai Ali Yafie.

“Mudah-mudahan Allah memberikan kesembuhan kepada kiai sehingga masih bisa memimpin kita semua, umat Islam khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya,” tutur Ma'ruf Amin melalui keterangan tertulis, Jumat (17/2/2023).

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta istrinya Wury Ma’ruf Amin menjenguk mantan Ketua Umum MUI KH Ali Yafie di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (16/02/2022).
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta istrinya Wury Ma’ruf Amin menjenguk mantan Ketua Umum MUI KH Ali Yafie di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (16/02/2022). (Ist)

Dirinya mengungkapkan bahwa saat ditemui, Kiai Ali Yafie dapat memberikan respon baik ketika melihat kehadirannya.

Ma'ruf Amin bersyukur Kiai Ali Yafie mampu merespon kehadiran dirinya.

“Kiai haji Ali Yafie yang dalam kondisi sakit tapi tadi saya bersyukur beliau masih bisa merespon kehadiran saya, bahkan beliau tersenyum, dan beliau memang sekarang sudah berusia 97 tahun,” ungkap Ma'ruf.

Pada kesempatan yang sama, dirinya pun mengisahkan bahwa Kiai Ali Yafie adalah sosok ulama senior yang menjadi panutan beliau.

“Beliau adalah senior saya yang baik. Saya bergaul lama dengan beliau dan beliau seorang alim ulama besar dan punya pengetahuan yang luas," ucap Ma'ruf.

"Tidak hanya masalah-masalah keagamaan, tapi juga masalah-masalah kenegaraan, kebangsaan, kemasyarakatan dan saya kira jarang ulama sekaliber beliau yang keluasan ilmunya, dan juga keketuaannya yang patut menjadi contoh teladan,” tambah Ma'ruf.

Baca juga: Hari Lahirnya Bertepatan dengan 1 Abad NU, Ini Kata Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud

Dirinya kembali menekankan bahwa Kiai Ali Yafie merupakan sosok ulama yang memiliki ilmu sangat tinggi dan diperlukan bagi masyarakat di sekitarnya, juga bangsa dan negara.

“Kita memang sangat memerlukan keadaan beliau. Walaupun beliau sudah sepuh, tapi beliau sangat mempunyai pengaruh yang besar,” pungkas Ma'ruf. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas