Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri: Tim Investigasi Gabungan Dalami Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Tim investigasi gabungan Polri serta pihak terkait akan mendalami penyebab awal mula terjadinya kebakaran di Depo Pertamina Plumpang.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Kapolri: Tim Investigasi Gabungan Dalami Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
dok.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Depo Pertamina Plumpang, Sabtu, 4 Maret 2023, pasca kebakaran Jumat malam. Tim investigasi gabungan Polri serta pihak terkait akan mendalami penyebab awal mula terjadinya kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta pihak terkait meninjau langsung lokasi utama kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, yang terjadi pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Sigit menegaskan, tim investigasi gabungan Polri serta pihak terkait akan mendalami penyebab awal mula terjadinya kebakaran di Depo Pertamina Plumpang.

"Baru saja kita dengan tim Pak Kapolda, Kabareskrim Polri, dan tim gabungan investigasi didampingi rekan-rekan Pertamina melakukan pengecekan awal di TKP," kata Sigit di Depo Pertamina Plumpang, Sabtu, 4 Maret 2023.

Berdasar hasil peninjauan dan laporan awal yang diterima, Sigit mengungkapkan kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi pukul 20.00 WIB. Awalnya, depo sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax yang dikirim dari Balongan.

Saat pengisian, menurut Sigit, dari informasi awal yang diterimanya, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terjadinya tekanan yang berlebihan. Akibatnya terjadilah peristiwa kebakaran.

Sigit menekankan, tim investigasi gabungan masih akan terus melakukan pendalaman terkait dengan sumber api awal di lokasi kejadian untuk mencari tahu sumber api dari mana. "Ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim," ujar Sigit.

Sigit menyatakan, tim investigasi gabungan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan beberapa saksi hingga memeriksa CCTV.

BERITA REKOMENDASI

Dengan dilakukannya pendalaman secara komprehensif, kata Sigit, tim investigasi gabungan akan melakukan proses pembuktian dengan Scientific Crime Investigation (SCI).

Baca juga: Identitas 19 Korban Tewas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Diduga Masih Ada 3 Korban Tertimbun

"Saat ini, kita sedang kumpulkan saksi, CCTV, kemudian hal-hal yang kita perlukan sifatnya teknis. Sehingga nanti bisa kita jelaskan secara Scientific Crime Investigation tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengkibatkan terjadinya kebakaran," ujar Sigit.

Kapolri ke Depo Pertamina Plumpang_
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Depo Pertamina Plumpang, Sabtu, 4 Maret 2023, pasca kebakaran Jumat malam.

Korban Meninggal 19 Orang

Sementara itu, hingga tadi malam, korban tewas dalam peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, terus bertambah.

Data Posko Koramil Koja 01 tercatat jika korban tewas dalam insiden tersebut mencapai 19 orang.

"Jadi korban yang meninggal itu semalam 15, lalu bertambah jadi 17, lalu jenazah yang ditemukan hari ini (dua orang), jumlahnya 19," ujar Penganggung Jawab Piket Koramil 01 Koja, Serda Warno kepada wartawan di lokasi.

Warga melihat dari dekat lokasi permukiman di belakang depo Pertamina Plumpang yang ikut terbakar, Sabtu (4/3/2023).
Warga melihat dari dekat lokasi permukiman di belakang depo Pertamina Plumpang yang ikut terbakar, Sabtu (4/3/2023). (TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)

Warno menjelaskan, dua jenazah terakhir berhasil ditemukan berkat bantuan anjing pelacak K9 namun, dia tidak merinci secara pasti terkait lokasi ditemukannya dua jenazah tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas