Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Komisi III DPR: Anwar Usman Teruji dan Terpercaya Jaga Marwah Demokrasi

Anggota Komisi III DPR RI Sari Yuliati mengucapkan selamat atas terpilihnya Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Anggota Komisi III DPR: Anwar Usman Teruji dan Terpercaya Jaga Marwah Demokrasi
ist
Anggota Komisi III DPR RI Sari Yuliati . 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Sari Yuliati menilai kembali terpilihnya Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) masa jabatan 2023-2028, karena teruji atas kinerja yang baik dalam menjaga marwah demokrasi Indonesia. 

"Terpilihnya kembali Anwar Usman sebagai Ketua MK menjadi bukti beliau teruji dan terpercaya mampu menjaga marwah demokrasi," kata Sari di Jakarta, Kamis (16/3/2023). 

"Tidak lupa Saya ucapkan selamat bertugas kembali kepada Anwar Usman dalam memimpin Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai Ketua MK," sambungnya.

Legislator Partai Golkar tersebut juga menyampaikan harapan dan dukungan atas hasil pemungutan suara untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua MK tersebut. 

"Semoga dengan terpilihnya kembali Bapak Anwar Usman sebagai Ketua MK menjadikan MK sebagai Lembaga yang adil, amanah dan mampu terus menjaga amanah demokrasi yang dicita-citakan Bangsa serta menjaga konstitusi guna tegaknya prinsip konstitusionalitas hukum," ujarnya.

Seperti diketahui, Hakim konstitusi Anwar Usman dan Saldi Isra resmi terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)  periode 2023-2028.

BERITA TERKAIT

Terpilihnya Anwar dan Saldi ini berdasarkan pemilihan yang dilakukan dan diikuti oleh 9 hakim konstitusi di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Adapun setelah terpilih, keduanya akan disumpah jabatan pada hari Senin (20/3/2023) mendatang di ruang sidang pleno MK.

“Rapat pleno khusus MK dengan agenda pengucapan sumpah Ketua MK masa jabatan 2023-2028 sekaligus dengan Wakil Ketua MK akan diselenggarakan pda Senin 20 maret 2023 pukul 11.00 WIB di ruang sidang pleno MK,” kata Anwar Usman seraya mengetuk palu tanda sidang ditutup.

Baca juga: Anwar Usman-Saldi Isra Jadi Ketua dan Wakil Ketua MK, Jimly Asshiddiqie: Pasangan Paling Realistis

Anwar Usman menang lima suara melwan Arief Hidayat yang memperoleh empat suara.

Sembilan hakim konstitusi hadir dalam pemungutan suara tersebut. Mereka adalah Anwar Usman, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Suhartoyo, Manahan Sitompul, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, dan Guntur Hamzah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas