Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kutip Hadist, Arsul Sani Tenangkan Mahfud MD yang Emosi saat Rapat Bahas TPPU Rp349 Triliun

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menenangkan Menkopolhukam RI Mahfud MD yang kerap marah-marah saat dalam rapat dengar pendapat di DPR.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kutip Hadist, Arsul Sani Tenangkan Mahfud MD yang Emosi saat Rapat Bahas TPPU Rp349 Triliun
Fersianus Waku
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menenangkan Menkopolhukam RI Mahfud MD yang kerap marah-marah saat dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Adapun rapat tersebut membahas soal transaksi keuangan yang mencurigakan Rp349 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dalam kesempatan itu, Arsul menenangkan Mahfud MD dengan melontarkan sebuah hadist. Adapun hadist yang dibacakan dari Abu Hurairah dengan derajat Muttafaq 'alaih.

"Izinkan saya memulai tanggapan dari apa yang tadi disampaikan oleh Ketua Komite dengan mengutip sebuah hadist," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Arsul menuturkan bahwa hadist tersebut bisa menjadi bahan renungan bagi seseorang untuk bisa menahan emosi. Arsul bilang, orang kuat itu merupakan orang yang daoat menahan emosinya.

"Orang yang kuat itu, bukan karena dia jago gulat, baik jago gulat fisik maupun gulat mulut. Tetapi orang yang kuat itu, orang yang dapat menahan diri ketika dia sedang marah," jelas Arsul.

BERITA TERKAIT

"Karena itu, saya ingin sampaikan, janganlah engkau marah untuk diri sendiri," sambungnya.

Sebagai informasi, rapat dengar pendapat Komisi III DPR terkait transaksi mencurigakan Rp349 triliun di Kementerin Keuangan (Kemenkeu) berlangsung alot dan panas. Sejak awal. Mahfud mengingatkan kepada legislator untuk tidak melayangkan onterupsi saat dirinya tengah menjelaskan materi.

"Saya nggak mau diinterupsilah, interupsi itu urusan Anda, masak orang ngomong diinterupsi, nantilah Pak," kata Mahfud MD di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu kemudian meminta tidak ada yang memotong ketika dirinya sedang memberikan penjelasan.

"Saya kan tadi sudah bilang pakai interupsi nggak selesai-selesai kita ini, lalu nanti saya interupsi, saya dituding-tuding. Artinya misalnya, saya membantah lalu berteriak keluar, saya keluar," ucap Mahfud.

Baca juga: Kelakar Arsul Sani Jelang Rapat Komisi III DPR Dengan Mahfud: Benny Harman Sedang Siap Tenaga

Mahfud sempat menaikan nada bicaranya ketika ada yang kembali ingin memotong pembicaraannya. "Biarkan saya menjelaskan dulu dong," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas