Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Webinar Literasi Digital, Ahli: Perhatikan Hal Ini Untuk Membangun Personal Branding di Media Sosial

Managing Director IMFocus Digital Consultan Alex Iskandar menyampaikan sebagai pilar keamanan dalam indeks informasi dan literasi data, masyarakat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Webinar Literasi Digital, Ahli: Perhatikan Hal Ini Untuk Membangun Personal Branding di Media Sosial
istimewa
Webinar "Membangun Personal Branding dan Brand Identity di Media Sosial" yang dilakukan secara daring (Online) melalui zoom meeting.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menurut para ahli, dalam melakukan personal branding ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, di antaranya: tentukan ingin dikenal sebagai siapa atau dikenal dalam bidang apa.

Managing Director IMFocus Digital Consultan Alex Iskandar menyampaikan sebagai pilar keamanan dalam indeks informasi dan literasi data, masyarakat Indonesia dipandang perlu dalam mengakses, mencari, menyaring, dan memanfaatkan setiap data dan informasi yang diterima dan didistribusikan dari dan ke berbagai platform digital yang dimilikinya.

"Individu yang memiliki kecakapan bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital," ucapnya dalam diskusi daring dikutip, Rabu (29/3/2023).




Disampaikan saat webinar dalam Rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Webinar bertema "Membangun Personal Branding dan Brand Identity di Media Sosial" yang dilakukan secara daring (Online) melalui aplikasi Zoom meeting. Berlangsung pada 28 Maret 2023. Peserta webinar terdiri dari kelompok masyarakat Bali, Nusa Tenggara dan Sekitarnya.  

Selain itu, menurut Alex, dalam melakukan personal branding kita harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya tentukan ingin dikenal sebagai siapa/bidang apa.

"Gunakan sosial media yang tepat, strategi konten (Berguna, Menarik, Rutin) dan lakukan koneksi dan kolaborasi," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Dosen KPI Universitas Mahammadiyah Mataram Nurliya Ni’matul Rohmah mengatakan Personal branding merupakan cara kita untuk memberikan diri kita label, atau bagaimana diri kita mampu memberi tahu orang lain siapa diri kita, menjadi seseorang atau sesuatu yang tidak tergantikan.

"Membentuk personal branding sebuah proses sangat dibutuhkan seseorang tidak akan mampu semata-mata membentuk branding yang kuat tanpa adanya konsistensi, tidak hanya berguna untuk diri sendiri, personal branding juga mampu memberikan manfaat dan dampak yang positif kepada instansi, komunitas atau lembaga," terangnya.

Dalam personal branding integritas merupakan hal yang wajib. Apa yang mereka lihat pada media sosial hendaknya sesuai dengan kehidupan didunia nyata. Etika berinternet atau bermedia sosial juga menjadi perhatian yang serius.

Dosen & kepala pusat kajian ASEAN dan Internasional Universitas Pendidikan Nasional Anak Agung Mia Intentilia mengatakan bahwa Nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika perlu diimplementasikan.

Baca juga: Webinar Literasi Digital, Ahli: Hati-Hati dalam Jual Beli Online, Ini yang Perlu Diperhatikan

"Ketahuilah apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Seperti penggunaan huruf  keseluruhan kapital yang kurang sesuai, waktu dan juga situasi," tuturnya.

Perlu dipahami dalam bermedia sosial kita juga berinteraksi dengan manusia, hormati aturan main ditempat kita berada, pahami bahwa kehidupan cyber mencerminkan kehidupan di dunia nyata, hargai waktu dan kuota orang lain, ciptakan jejak digital yang baik, berbagi hal positif.

Tunjukan kemampuan atau prestasi, perhatikan opini dan emosi di media sosial, hargai privasi orang lain, perlakukan orang seperti kita ingin diperlakukan dan jadilah pemaaf.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas